Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam Pemecahan Masalah
Tujuan Pembelajaran
- Setelah mempelajari pecahan ini, diharapkan siswa dapat:
- menguasai sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat,
- menjumlahkan dan mengurangi bilangan bulat,
- mengalikan dan membagi bilangan bulat,
- melakukan pembulatan ke satuan, puluhan, ratusan, atau ribuan terdekat,
- menentukan taksiran penjumlahan dan perkalian,
- mengenal bilangan prima,
- memahami faktor, faktor prima, dan faktorisasi,
- menentukan KPK dan FPB dari 2 atau 3 bilangan,
- melakukan operasi hitung campuran,
- menghitung serta menemukan referensi bilangan berpangkat dua atau bilangan kuadrat,
- menggunakan cara menemukan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat,
- menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK, dan FPB
Menggunakan Pengukuran Waktu, Sudut, Jarak, dan Kecepatan dalam Pemecahan Masalah
Tujuan Pembelajaran
- Setelah mempelajari pecahan ini, diharapkan siswa dapat:
- menuliskan tanda waktu dengan notasi 12 jam yang melibatkan keterangan pagi, siang, sore, atau malam;
- menentukan tanda waktu dengan notasi 24 jam;
- mengenal satuan waktu jam, menit, dan detik;
- mengubah jam ke menit dan detik, dan sebaliknya;
- melakukan operasi hitung satuan waktu;
- melakukan pengukuran sudut;
- menentukan dan menaksir besar suatu sudut;
- menggambar sudut dan sudut siku-siku dengan busur derajat;
- mengukur sudut dengan busur derajat;
- membaca sudut yang ditunjukkan oleh jarum jam;
- mengenal satuan jarak dan kecepatan;
- menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan.
Menghitung Luas Bangun Datar Sederhana dan Menggunakannya dalam Pemecahan Masalah
Tujuan Pembelajaran
- Setelah mempelajari pecahan ini, diharapkan siswa dapat:
- mengenal satuan luas;
- mengubah satuan luas ke satuan luas yang tingkatannya berbeda;
- mengenal trapesium;
- menentukan rumus dan menghitung luas trapesium;
- mengenal layang-layang;
- menentukan rumus dan menghitung luas layang-layang;
- menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan luas berdiri datar.
Menghitung Volume Kubus dan Balok dan Menggunakannya dalam Pemecahan Masalah
Tujuan Pembelajaran
- Setelah mempelajari pecahan ini, diharapkan siswa dapat:
- mengenal satuan volume;
- mengubah satuan volume ke satuan volume yang tingkatannya berbeda;
- mengenal sifat-sifat balok dan kubus,
- menentukan volume kubus dan balok.
Menggunakan Pecahan dalam Pemecahan Masalah
Tujuan Pembelajaran
- Setelah mempelajari pecahan ini, diharapkan siswa dapat
- mengetahui pecahan-pecahan yang senilai dan membedakan pecahan biasa dan campuran;
- mengubah pecahan ke bentuk persen atau sebaliknya;
- mengubah pecahan ke bentuk desimal atau sebaliknya;
- memahami arti pecahan persepuluh, perseratus, perseribu, dan persen;
- membandingkan pecahan-pecahan tidak senilai;
- menjumlahkan dan mengurangkan banyak sekali bentuk pecahan;
- melakukan perkalian bilangan orisinil dengan pecahan, pecahan dengan pecahan;
- melakukan pembagian bilangan lingkaran yang menghasilkan pecahan;
- melakukan pembagian bilangan orisinil dengan pecahan;
- melakukan pembagian pecahan dengan pecahan;
- melakukan hitung gabungan banyak sekali bentuk pecahan;
- memecahkan duduk kasus sehari-hari yang melibatkan pecahan;
- mengenal arti pecahan sebagai perbandingan;
- memahami skala sebagai perbandingan;
- melakukan operasi hitung dengan memakai perbandingan skala .
Memahami Sifat-Sifat Bangun dan Hubungan Antarbangun
Tujuan Pembelajaran
- Setelah mempelajari pecahan ini, diharapkan siswa dapat:
- menyebutkan sifat-sifat segitiga, persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang,lingkaran, belah ketupat, dan layang-layang;
- menggambar segitiga samasisi, segitiga samakaki, persegi, trapesium, belah ketupat,layang-layang, lingkaran, dan elips;
- menyebutkan sifat-sifat kubus, prisma tegak, limas, kerucut, tabung, dan bola;
- menggambar kubus, prisma tegak, limas, kerucut, dan tabung;
- menggambar jaring-jaring kubus, prisma siku-siku, prisma segitiga, limas segiempat,limas segitiga, kerucut, dan tabung;
- menunjukkan kesebangunan antar bangun-bangun datar;
- menyelidiki sifat-sifat simetri lipat dan memilih banyak sumbu simetri berdiri persegi,segitiga samasisi, dan bangun-bangun datar lain;
- mengenal simetri putar dan memilih sentra dan sudut putaran pada berdiri datar
- menentukan banyak simetri putar pada bangun-bangun datar;
- menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan luas permukaan dan isi kubus atau balok.
Unutk mendownoad materi-materi tersebut silahkan menuju link ini : bse matematika