Ahli Matematika Bahan Matematika Sd Kelas 5

 Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam Pemecahan Masalah Ahli Matematika Materi Matematika SD kelas 5

Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam Pemecahan Masalah

Tujuan Pembelajaran

  • Setelah mempelajari pecahan ini,  diharapkan siswa dapat:

  1. menguasai sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat,
  2. menjumlahkan dan mengurangi bilangan bulat,
  3. mengalikan dan membagi bilangan bulat,
  4. melakukan pembulatan ke satuan, puluhan, ratusan, atau ribuan terdekat,
  5. menentukan taksiran penjumlahan dan perkalian,
  6. mengenal bilangan prima,
  7. memahami faktor, faktor prima, dan faktorisasi,
  8. menentukan KPK dan FPB dari 2 atau 3 bilangan,
  9. melakukan operasi hitung campuran,
  10. menghitung serta menemukan referensi bilangan berpangkat dua atau bilangan kuadrat,
  11. menggunakan cara menemukan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat,
  12. menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK, dan FPB

Menggunakan Pengukuran Waktu, Sudut, Jarak, dan Kecepatan dalam Pemecahan Masalah

Tujuan Pembelajaran

  • Setelah mempelajari pecahan ini,  diharapkan siswa dapat:

  1. menuliskan tanda waktu dengan notasi 12 jam yang melibatkan keterangan pagi, siang, sore, atau malam;
  2. menentukan tanda waktu dengan notasi 24 jam;
  3. mengenal satuan waktu jam, menit, dan detik;
  4. mengubah jam ke menit dan detik, dan sebaliknya;
  5. melakukan operasi hitung satuan waktu;
  6. melakukan pengukuran sudut;
  7. menentukan dan menaksir besar suatu sudut;
  8. menggambar sudut dan sudut siku-siku dengan busur derajat;
  9. mengukur sudut dengan busur derajat;
  10. membaca sudut yang ditunjukkan oleh jarum jam;
  11. mengenal satuan jarak dan kecepatan;
  12. menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan.

Menghitung Luas Bangun Datar Sederhana dan Menggunakannya dalam Pemecahan Masalah

Tujuan Pembelajaran

  • Setelah mempelajari pecahan ini,  diharapkan siswa dapat:

  1. mengenal satuan luas;
  2. mengubah satuan luas ke satuan luas yang tingkatannya berbeda;
  3. mengenal trapesium;
  4. menentukan rumus dan menghitung luas trapesium;
  5. mengenal layang-layang;
  6. menentukan rumus dan menghitung luas layang-layang;
  7. menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan luas berdiri datar.

Menghitung Volume Kubus dan Balok dan Menggunakannya dalam Pemecahan Masalah

Tujuan Pembelajaran

  • Setelah mempelajari pecahan ini,  diharapkan siswa dapat:

  1. mengenal satuan volume;
  2. mengubah satuan volume ke satuan volume yang tingkatannya berbeda;
  3. mengenal sifat-sifat balok dan kubus,
  4. menentukan volume kubus dan balok.

Menggunakan Pecahan dalam Pemecahan Masalah

Tujuan Pembelajaran

  • Setelah mempelajari pecahan ini,  diharapkan siswa dapat

  1. mengetahui pecahan-pecahan yang senilai dan membedakan pecahan biasa dan campuran;
  2. mengubah pecahan ke bentuk persen atau sebaliknya;
  3. mengubah pecahan ke bentuk desimal atau sebaliknya;
  4. memahami arti pecahan persepuluh, perseratus, perseribu, dan persen;
  5. membandingkan pecahan-pecahan tidak senilai;
  6. menjumlahkan dan mengurangkan banyak sekali bentuk pecahan;
  7. melakukan perkalian bilangan orisinil dengan pecahan, pecahan dengan pecahan;
  8. melakukan pembagian bilangan lingkaran yang menghasilkan pecahan;
  9. melakukan pembagian bilangan orisinil dengan pecahan;
  10. melakukan pembagian pecahan dengan pecahan;
  11. melakukan hitung gabungan banyak sekali bentuk pecahan;
  12.  memecahkan duduk kasus sehari-hari yang melibatkan pecahan;
  13. mengenal arti pecahan sebagai perbandingan;
  14. memahami skala sebagai perbandingan;
  15. melakukan operasi hitung dengan memakai perbandingan skala .

Memahami Sifat-Sifat Bangun dan Hubungan Antarbangun

Tujuan Pembelajaran

  • Setelah mempelajari pecahan ini,  diharapkan siswa dapat:

  1. menyebutkan sifat-sifat segitiga, persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang,lingkaran, belah ketupat, dan layang-layang;
  2. menggambar segitiga samasisi, segitiga samakaki,  persegi, trapesium, belah ketupat,layang-layang, lingkaran, dan elips;
  3. menyebutkan sifat-sifat kubus, prisma tegak,  limas, kerucut, tabung, dan bola;
  4. menggambar kubus, prisma tegak, limas, kerucut, dan tabung;
  5. menggambar jaring-jaring kubus, prisma siku-siku, prisma segitiga, limas segiempat,limas segitiga, kerucut, dan tabung;
  6. menunjukkan kesebangunan antar bangun-bangun datar;
  7. menyelidiki sifat-sifat simetri lipat dan memilih banyak sumbu simetri berdiri persegi,segitiga samasisi, dan bangun-bangun datar lain;
  8. mengenal simetri putar dan memilih sentra dan sudut putaran pada berdiri datar
  9. menentukan banyak simetri putar pada bangun-bangun datar;
  10. menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan luas permukaan dan isi kubus atau balok.
Unutk mendownoad materi-materi tersebut silahkan menuju link ini : bse matematika