Rumus Matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Semester 1 |
Rumus-rumus Volume Bangun Ruang – Matematika
Rumus Volume Bangun Ruang
Sebenarnya konsep untuk mencari rumus bangkit ruang itu sangat mudah yaitu luas ganjal dikalikan dengan tinggi bangu ruang tersebut terkecuali dikala kita mau mencari rumus volume untuk bangkit ruang yang luas ganjal dan luas atap tidak sama ibarat kerucut limas dan lain sebagainya.Rumus Volume Kubus
Seperti tadi yang sudah saya katakan bahwa volum merupakan hasil kali luas ganjal dengan tinggi sanggup kita terapkan pada volume kubus, alasannya panjang sisi kubus semuanya sama maka sanggup kita cari dengan mudah volume kubus yaitu sisi x sisi x sisiRumus Volume Balok
Untuk volume balok yaitu Luas ganjal balok dikali dengan tinggi alasannya Luas ganjal balok yaitu panjang dikali lebar maka Rumus volume balok yaitu p x l x tRumus Volume Limas Segi Empat
Volume limas segi empat merupakan 1/3 dari volum balok jadi rumusnya yakni 1/3 x p x l x tRumus Volume Prisma Segitiga Siku-siku
Karena alasnya segitiga maka luas alasnya yaitu ganjal segi tiga (as) dikali tinggi segitiga (ts) dibagi 2, jadi untuk mencari volum prisma segitiga siku-siku yakni luas ganjal dikali tinggi. jadi didapat rumus : as x ts x tp / 2.
tp = tinggi prisma.
Rumus Volume Tabung
Seperti kita ketahui bahwa tabung itu alasnya yakni bulat maka luas ganjal tabung yakni phi dikali jari-jari kuadrat sanggup ditulis π x r x r maka didapat volume tabung La x t = π x r x r x tRumus Volume Kerucut
Volume sebuah kerucut merupaka 1/3 dari volum tabung maka rumus volume kerucut adalah1/3 x π x r x r x t
Rumus Volume Bola
Rumus volume bola diturunkan dari rumus volume kerucut dimana volum bola yakni empat kali volume kerucut dengan tinggi kerucut sama dengan jari-jari bola jadi t = r maka didapat rumus 4 x 1/3 x π x r x r x t alasannya tinggi bola sama dengan jari-jari bola maka 4 x 1/3 x π x r x r x r atau 4/3 x π x r pangkat 3itu sedikit uraian rumus volum yang sanggup saya berikan apabila ada kesalahan dalam penulisannya mohon feedbacknya alasannya ditakutkan jikalau tidak direvisi menjadi pegangan yang salah kaprah. terima kasih.