Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas SMK. Penilaian yaitu proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian HOTS yaitu evaluasi yang instrumennya lebih menekankan aspek kebijaksanaan sehat dan nalar yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melaksanakan pengolahan (recite).
Ciri soal-soal HOTS yaitu soal yang sanggup mengukur kemampuan:
1. transfer satu konsep ke konsep lainnya,
2. memproses dan menerapkan informasi,
3. mencari kaitan dari banyak sekali informasi yang berbeda-beda,
4. menggunakan informasi untuk menuntaskan masalah,
5. menelaah wangsit dan informasi secara kritis.
Dalam Implementasi Teori Kognitif Bloom (teori Bloom) yang direvisi Anderson & Krathwohl, penilaian HOTS meliputi dimensi menganalisis (C4), Menilai (C5) dan Mengkreasi (C6).
Lalu bagiamana Karakteristik Soal HOTS SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas SMK ?. Berikut ini beberapa Karakteristik Soal HOTS diantaranya:
1. Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, meminimalkan aspek mengingat dan memahami
2. Berbasis permasalahan kontekstual;
3. Stimulus menarik;
4. Tidak Familiar
5. Kebaruan
Bagaimana Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas SMK ? Berikut ini Langkah-langkah Menyusun Soal HOTS
1. Menganalisis KD yang sanggup dibuatkan soal HOTS.
2. Menyusun kisi-kisi soal.
3. Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual;
4. Menulis butir pertanyaan pada kartu soal sesuai dengan kisi-kisi soal. Butir-butir pertanyaan ditulis semoga sesuai dengan kaidah penulisan butir soal.
5. Membuat pedoman penskoran atau kunci jawaban.
Untuk melengkapi Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas SMK, silahkan perhatikan Tips Menyusun Soal HOTS berikut ini:
1. Gunakan Konteks Dunia Nyata
Penyajian kasus kasatmata memungkinkan proses menelaah informasi
2. Berikan Pertanyaan yang terkait analisis visual
Melalui analisa visual denah yang kompleks, maka tingkat berfikir ordenya lebih tinggi
Contoh Bukan HOTS
Apakah tugas burung elang dalam suatu rantai makanan
Dapat diubah menjadi Soal HOTS menyerupai contoh di bawah ini
Seorang petani berhasil menemukan cairan dari materi alami yang bisa membasmi ulat sehingga jumlah ulat menurun dengan drastis. Apakah yang akan terjadi kepada elang
3. Tanyakan alasan dari tanggapan yang diberikan
Contoh:
Abad 21 yaitu kurun teknologi informasi. Arus informasi yang begitu deras bisa berdampak negatif terhadap persatuan dan kesatuan bangsa. Misalnya bencana perkelahian antarsiswa yang berbeda suku bangsa di suatu sekolah yang belum sanggup dibuktikan kebenarannya, diunggah seorang pelajar di media sosial. Berita tersebut akan cepat tersebar ke masyarakat luas sehingga memicu konflik antar suku bangsa. Oleh alasannya itu, pembatasan penggunaan media umum harus diterapkan kepada semua pelajar.
Setujukah kau dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu!
4. Gunakan Bentuk Soal yang Beragam (misalnya pilihan ganda dan uraian)
Bagaimana Cara atau Teknik Penulisan Soal HOTS SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas SMA ? Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Buku Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) yang di dalam membahasa tentang Cara atau Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas SMK . Materi buku ini bertujuan untuk membekali guru semoga bisa menulis dan menyusun soal HOTS serta melaksanakan penilaian berbasis HOTS sehingga siswa terbiasa dengan soal-soal dan pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) semoga terdorong kemampuan berpikir kritisnya.
Penilaian berorientasi HOTS bukanlah sebuah bentuk evaluasi yang gres bagi guru dalam melaksanakan penilaian. Tetapi evaluasi berorientasi HOTS ini memaksimalkan keterampilan guru dalam melakukan penilaian. Guru dalam penilaian ini harus menekankan pada penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bisa meningkatkan keterampilan peserta didik dalam proses pembelajaran berorientasi HOTS.
Buku pegangan Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) yang berisi Bagaimana Cara atau Teknik Penulisan / Penusunan Soal HOTS ini dikembangkan dengan tujuan sebagai berikut:
1. Memberikan pola kepada guru dalam berbagi evaluasi berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
2. Memberikan acuan kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik terhadap guru dalam melaksanakan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
3. Memberikan acuan pada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial terhadap pelaksanaan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan.
Sasaran penggunaan buku Pegangan Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) ini yaitu sebagai berikut:
1. Guru Jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mata pelajaran adaptif dan normatif.
2. Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Produktif, Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) serta Pendidikan Luar Biasa (PLB).
3. Kepala Sekolah /Madrasah.
4. Pengawas Sekolah /Madrasah.
Selengkapnya silahkan pelajari Buku Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill), melalui link download ---DISINI----
Demikian informasi tentang Teknik Penulisan atau Penyusunan Soal HOTS SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas SMK. Semoga bermanfaat, terima kasih.