Supervisi akademik ialah serangkaian kegiatan membantu guru menyebarkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran (Daresh, 1989, Glickman, et al; 2007).
Supervisi akademik merupakan salah satu (fungsi fundamental (essential function) dalam keseluruhan acara sekolah (Weingartner, 1973; Alfonso dkk., 1981; dan Glickman, et al; 2007). Hasil supervisi akademik berfungsi sebagai sumber informasi bagi pengembangan profesionalisme guru.
Supervisi akademik tidak terlepas dari penilaian kinerja guru dalam mengelola pembelajaran. Sergiovanni (1987) menegaskan bahwa refleksi simpel penilaian kinerja guru dalam supervisi akademik ialah melihat kondisi nyata kinerja guru untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan, contohnya apa yang tolong-menolong terjadi di dalam kelas?, apa yang tolong-menolong dilakukan oleh guru dan siswa di dalam kelas?, aktivitas-aktivitas mana dari keseluruhan acara di dalam kelas itu yang bermakna bagi guru dan murid?, apa yang telah dilakukan oleh guru dalam mencapai tujuan akademik?, apa kelebihan dan kekurangan guru dan bagaimana cara mengembangkannya?. Berdasarkan tanggapan terhadap pertanyaan-pertanyaan ini akan diperoleh informasi mengenai kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Namun satu hal yang perlu ditegaskan di sini, bahwa sesudah melaksanakan penilaian kinerja berarti selesailah pelaksanaan supervisi akademik, melainkan harus dilanjutkan dengan tindak lanjutnya berupa pembuatan acara supervisi akademik dan melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.
Tujuan supervisi akademik adalah:
- membantu guru menyebarkan kompetensinya,
- mengembangkan kurikulum,
- mengembangkan kelompok kerja guru, dan membimbing penelitian tindakan kelas (PTK) (Glickman, et al; 2007, Sergiovanni, 1987).
Prinsip-prinsip supervisi akademik
- Praktis, artinya gampang dikerjakan sesuai kondisi sekolah.
- Sistematis, artinya dikembangan sesuai perencanaan acara supervisi yang matang dan tujuan pembelajaran.
- Objektif, artinya masukan sesuai aspek-aspek instrumen.
- Realistis, artinya menurut kenyataan sebenarnya.
- Antisipatif, artinya bisa menghadapi masalah-masalah yang mungkin akan terjadi.
- Konstruktif, artinya menyebarkan kreativitas dan penemuan guru dalam menyebarkan proses pembelajaran.
- Kooperatif, artinya ada kolaborasi yang baik antara supervisor dan guru dalam menyebarkan pembelajaran.
- Kekeluargaan, artinya mempertimbangkan saling asah, asih, dan asuh dalam menyebarkan pembelajaran.
- Demokratis, artinya supervisor dihentikan mendominasi pelaksanaan supervisi akademik.
- Aktif, artinya guru dan supervisor harus aktif berpartisipasi.
- Humanis, artinya bisa membuat hubungan kemanusiaan yang harmonis, terbuka, jujur, ajeg, sabar, antusias, dan penuh humor
- Berkesinambungan (supervisi akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh Kepala sekolah).
- Terpadu, artinya menyatu dengan dengan acara pendidikan.
- Komprehensif, artinya memenuhi ketiga tujuan supervisi akademik di atas (Dodd, 1972).
Berikut ini pola format Supervisi Akademik
Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Bagi Sekolah yang Menggunakan KTSP/Kurikulum 2006 (disini)
Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Bagi Sekolah yang Menggunakan Kurikulum 2013 (Disini)
A. CONTOH FORMAT SUPERVISI UNTUK SEKOLAH YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM 2006
1. CONTOH FORMAT INSTRUMEN PENILAIAN SILABUS (KURIKULUM 2006)
Nama Guru : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
2. CONOH FORMAT INSTRUMEN PENILAIAN RPP (KURIKULUM 2006)
Nama Guru : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
3. CONTOH FORMAT INSTRUMEN SUPERVISI KEGIATAN PEMBELAJARAN (KURIKULUM 2006)
NAMA GURU | : …………………………………........................................ | |||||||||
MATA PELAJARAN | : …………………………………........................................ | |||||||||
NAMA SEKOLAH | : …………………………………........................................ | |||||||||
KELAS/SEMESTER | : …………………………………........................................ | |||||||||
HARI/TANGGAL | : …………………………………........................................ | |||||||||
MATERI PELAJARAN | : …………………………………........................................ | |||||||||
NO | ASPEK YANG DINILAI | NILAI | KET | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||||
A | Pendahuluan / Pra Pembelajaran | |||||||||
1. | Memeriksa kesiapan penerima didik | |||||||||
2. | Melakukan kegiatan apersepsi | |||||||||
B | Kegiatan Inti Pembelajaran | |||||||||
◙ | Penguasaan Materi Pelajaran : | |||||||||
3. | Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran | |||||||||
4. | Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan | |||||||||
5. | Menyampaikan materi dengan terperinci dan sesuai dengan hierarki mencar ilmu | |||||||||
6. | Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan | |||||||||
◙ | Pendekatan / Strategi Pembelajaran : | |||||||||
7. | Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai | |||||||||
8. | Melaksanakan pembelajaran secara runtut | |||||||||
9. | Menguasai kelas | |||||||||
10. | Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual | |||||||||
11. | Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuh-nya kebiasaan positif | |||||||||
12. | Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan | |||||||||
◙ | Pemanfaatan Sumber Belajar / Media Pembelajaran : | |||||||||
13. | Menggunakan media secara efektif dan efisien | |||||||||
14. | Menghasilkan pesan yang menarik | |||||||||
15. | Melabatkan siswa dalam pemanfaatan media | |||||||||
16. | Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran | |||||||||
17. | Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon penerima didik | |||||||||
18. | Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme penerima didik dalam mencar ilmu | |||||||||
◙ | Penilaian Proses dan Hasil Belajar : | |||||||||
19. | Memantau kemajuan mencar ilmu selama proses | |||||||||
20. | Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan) | |||||||||
◙ | Penggunaan Bahasa : | |||||||||
21. | Menggunakan bahasa verbal dan tulis secara jelas, baik, dan benar | |||||||||
22. | Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai | |||||||||
C | PENUTUP | |||||||||
23. | Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan me-libatkan penerima didik | |||||||||
24. | Melaksanakan tindak lanjut dengan memperlihatkan arahan, atau kegiatan, atau kiprah sebagai bab remidi / pengayaan | |||||||||
JUMLAH SKOR PEROLEHAN | ||||||||||
4. CONTOH FORMAT Instrumen monitoring ADMINISTRASI PEMBELAJARAN SD/SMP/SMA/SMK
Nama Guru : ………………………………………….
Mata Pelajaran : ………………………………………….
Nama Sekolah : ………………………………………….
No | Aspek Yang Diamati | Nilai | Ket | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | Apakah guru mempunyai SK Pembagian Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir. | ||||||
2 | Apakah guru mempunyai jadwal pelajaran minimal 24 jam per minggu | ||||||
3 | Apakah guru membuat acara tahunan dalam tahun terakhir. | ||||||
4 | Apakah guru membuat acara semester untuk dua semester terakhir. | ||||||
5 | Apakah guru mempunyai silabus yang dibentuk sendiri dan silabus dari pemerintah | ||||||
6 | Apakah guru mempunyai RPP yang disusun sendiri | ||||||
7 | Apakah guru melaksanakan pembelajaran sesuai jadwal | ||||||
8 | Apakah guru mempunyai dan memakai buku teks dan buku referensi | ||||||
9 | Apakah guru memiliki rancangan penilaian , penilaian , Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UH. | ||||||
10 | Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UTS | ||||||
11 | Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik, kriteria dan kisi-kisi penilaian UAS | ||||||
12 | Apakah guru mengoreksi hasil ulangan | ||||||
13 | Apakah guru membuat acara dan instrumen penugasan terstruktur dan kegiatan berdikari tidak terstruktur | ||||||
14 | Apakah guru mendokumen-tasikan hasil penugasan terstruktur dan kegiatan berdikari tidak terstruktur | ||||||
15 | Apakah guru mempunyai buku daftar nilai dan berisi Nilai UH, Remidi, UTS, UAS dan Nilai Tugas. | ||||||
16 | Apakah guru melaksanakan analisis hasil penilaian UH. | ||||||
17 | Apakah guru menyusun dan melaksanakan acara remedial. | ||||||
18 | Apakah guru menyusun dan melaksanakan acara pengayaan. | ||||||
19 | Apakah guru mendapat aksesori dan mempunyai data manajemen kiprah selain mengajar | ||||||
20 | Apakah guru mempunyai buku acara mengajar | ||||||
21 | Apakah guru mempunyai Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007 (Permendikbud : 54,64,65,66,81A 2013 dan Permendikbud No.58,61,62,63 2014) | ||||||
22 | Apakah guru mempunyai buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan materi didik dll) | ||||||
23 | Apakah guru melaksanakan pengembangan materi ajar | ||||||
24 | Apakah guru mempunyai karya ilmiah populer | ||||||
25 | Apakah guru mempunyai hasil PTK | ||||||
Jumlah |
Jumlah Skor : ..............................
Skor Maksimal : 25 x 5 = 125
5. Instrumen monitoring ADMINISTRASI KHUSUS GURU BIMBINGAN KONSELING (BK) SMP/SMA/SMK
Nama Guru : ………………………………………….
Nama Sekolah : ………………………………………….
No | Aspek Yang Diamati | Nilai | Keterangan | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | Apakah guru mempunyai SK Pembagian Tugas Pembimbingan dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir. | ||||||
2 | Apakah guru pembimbing mempunyai perhitungan jam kegiatan pelayanan konseling di sekolah ekivalen dengan minimal 24 jam per minggu | ||||||
3 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Tahunan pada tahun pelajaran terakhir. | ||||||
4 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Semester tahun pelajaran terakhir. | ||||||
5 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Bulanan tahun pelajaran terakhir | ||||||
6 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Mingguan Layanan Konseling | ||||||
7 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Harian Layanan Konseling | ||||||
8 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Satuan Layanan | ||||||
9 | Apakah guru pembimbing membuat Daftar Siswa Asuh dan buku pribadi | ||||||
10 | Apakah guru pembimbing melaksanakan 9 layanan konseling (Orientasi, Informasi, Penempatan dan Penyaluran, Penguasaan Konten, Konseling Perorangan, Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok, Mediasi, Konsultasi) | ||||||
11 | Apakah guru pembimbing melaksanakan kegiatan pendukung (Aplikasi Instrumentasi, Himpunan Data, Konferensi Kasus, Kunjungan Rumah, Alih Tangan Kasus) | ||||||
12 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri satuan layanan kegiatan pendukung (Satkung) | ||||||
13 | Apakah guru pembimbing melaksanakan penilaian pelaksanaan konseling (Penilaian Segera, Penilaian Jangka Pendek, Penilaian Jangka Panjang) | ||||||
14 | Apakah guru pembimbing melaksanakan analisis hasil penilaian pelaksanaan konseling (semester 1 dan 2) | ||||||
15 | Apakah guru pembimbing melaksanakan tindak lanjut pelaksanaan konseling | ||||||
16 | Apakah guru pembimbing membuat administrtasi pelaksanaan konseling (Buku Kasus, Catatan Kejadian, Sosiometri, Grafik Masalah, Jurnal Kegiatan BK, Buku Tamu) | ||||||
17 | Apakah guru pembimbing membuat Laporan Bulanan, Laporan Semester dan Laporan Tahunan | ||||||
18 | Apakah guru pembimbing melaksanakan layanan konseling sesuai jadwal | ||||||
19 | Apakah guru mendapat aksesori dan mempunyai data manajemen kiprah selain mengajar | ||||||
20 | Apakah guru mempunyai buku acara mengajar | ||||||
21 | Apakah guru mempunyai Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007 | ||||||
22 | Apakah guru mempunyai buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan materi didik dll) | ||||||
23 | Apakah guru melaksanakan pengembangan materi ajar | ||||||
24 | Apakah guru mempunyai karya ilmiah populer | ||||||
25 | Apakah guru mempunyai hasil PTK |
B. CONTOH FORMAT SUPERVISI UNTUK SEKOLAH YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013
1. INSTRUMEN SUPERVISI RPP (KURIKULUM 2013) SD/SMP/SMA/SMK (K2013)
Nama Guru : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
Aspek yang Diamati | Belum Sesuai (1) | Sesuai sebagian (2) | Sesuai semua (3) | Catatan | |
A. | Perumusan Indikator | ||||
1 | Indikator sesuai dengan SKL-KI, dan KD | ||||
2 | Meliputi dimensi sikap, keterampilan dan pengetahuan | ||||
3 | Menggunakan kata kerja operasional yang mengandung satu prilaku | ||||
4 | Mengadung satu prilaku yang sanggup diobservasi | ||||
5 | Mencakup level berpikir tinggi (analisis, evaluasi, atau mencipta). | ||||
6 | Meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan/atau metakognitif (learning how to learn) | ||||
B. | Perumusan Tujuan Pembelajaran | ||||
7 | Tujuan realistik, sanggup dicapai melalui proses pembelajaran | ||||
8 | Relevan dengan kompetensi dasar dan indikator | ||||
9 | Mencakup pengembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan | ||||
10 | Mengandung unsur membuat karya | ||||
C. | Materi Pelajaran | ||||
11 | Relevan dengan tujuan | ||||
12 | Sesuai dengan potensi penerima didik | ||||
13 | Kontekstual | ||||
14 | Sesuai dengan perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa | ||||
15 | Bermanfaat untuk penerima didik | ||||
16 | Materi yang disajikan aktual | ||||
17 | Relevan dengan kebutuhan siswa | ||||
D. | Media Belajar | ||||
18 | Sesuai dengan tujuan pembelajaran. | ||||
19 | Memudahkan siswa menguasai materi pelajaran | ||||
20 | Memfasilitasi siswa menerapkan pendekatan saintifik | ||||
21 | Memberdayakan teknologi informasi dan komunikasi | ||||
E. | Metode Pembelajaran | ||||
22 | Sesuai dengan tujuan pembelajaran. | ||||
23 | Sesuai dengan pendekatan saintifik | ||||
24 | Sesuai dengan model model inkuiri, pembelajaran berbasis masalah, atau proyek. | ||||
25 | Mengembangkan kapasitas individu dan kolaborasi penerima didik | ||||
E. | Rencana Kegiatan Pembelajaran | ||||
26 | Menampilkan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. | ||||
27 | Menjelaskan tujuan pembelajaran | ||||
28 | Merencanakan kegiatan siswa mengamati | ||||
29 | Merencanakan kegiatan siswa menanya | ||||
30 | Merancang kegiatan siswa mencoba | ||||
31 | Merancang kegiatan siswa menalar atau mengasosiasi (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi) | ||||
32 | Merancang kegiatan siswa membentuk jejaring atau mengomunikasikan produk penalarannya | ||||
33 | Merangkan kegiatan siswa berkarya atau mencipta | ||||
34 | Mengandung planning kegiatan tindak lanjut (penugasan, remedial, dan pengayaan) | ||||
F. | Penilaian | ||||
35 | Menilai ketercapain indikator hasil belajar | ||||
36 | Mengukur sikap, pengetahuan, dan keterampilan | ||||
37 | Merancang penilaian otentik | ||||
38 | Meliputi rancangan instrumen tes | ||||
39 | merancang penilai tugas | ||||
40 | Menetapkan pedoman penskoran | ||||
SKOR RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN | |||||
Nilai | |||||
Kriteria: | |||||
Amat baik | 86 | s.d | 100 | ||
Baik | 70 | s.d | 85 | ||
Kurang | Di bawah 70 | ||||
2. CONTOH FORMAT INSTRUMEN SUPERVISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SD/SMP/SMA/SMK(KURIKULUM 2013)
Nama Guru : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
Aspek yang Diamati | Belum Sesuai (1) | Sesuai sebagian (2) | Sesuai semua (3) | Catatan | |
A. Apersepsi dan Motivasi | |||||
1 | Mengaitkan materi pembelajaran kini dengan pengalaman penerima didik atau pembelajaran sebelumnya. | ||||
2 | Mengajukan pertanyaan menantang. | ||||
3 | Menyampaikan manfaat materi pembelajaran. | ||||
4 | Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran. | ||||
B. Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan | |||||
5 | Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai penerima didik. | ||||
6 | Menyampaikan planning kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melaksanakan observasi. | ||||
C. Kegiatan Inti | |||||
Penguasaan Materi Pelajaran | |||||
7 | Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran. | ||||
8 | Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata. | ||||
9 | Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan tepat. | ||||
10 | Menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak) | ||||
Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik | |||||
11 | Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai. | ||||
12 | Menfasilitasi kegiatan yang memuat komponen eksplorasi, klarifikasi terperinci dan konfirmasi. | ||||
13 | Melaksanakan pembelajaran secara runtut. | ||||
14 | Menguasai kelas. | ||||
15 | Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual. | ||||
16 | Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect). | ||||
17 | Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan. | ||||
Penerapan Pendekatan scientific | |||||
18 | Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana. | ||||
19 | Memfasilitasi penerima didik untuk mengamati. | ||||
20 | Memancing penerima didik untuk bertanya. | ||||
21 | Memfasilitasi penerima didik untuk mencoba. | ||||
22 | Memfasilitasi penerima didik untuk menganalisis. | ||||
23 | Memberikan pertanyaan penerima didik untuk menalar (proses berfikir yang logis dan sistematis). | ||||
24 | Menyajikan kegiatan penerima didik untuk berkomunikasi. | ||||
Pemanfaatan Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran | |||||
25 | Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar pembelajaran. | ||||
26 | Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran. | ||||
27 | Menghasilkan pesan yang menarik. | ||||
28 | Melibatkan penerima didik dalam pemanfaatan sumber mencar ilmu pembelajaran. | ||||
29 | Melibatkan penerima didik dalam pemanfaatan media pembelajaran. | ||||
D. Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran | |||||
30 | Menumbuhkan partisipasi aktif penerima didik melalui interaksi guru, penerima didik, sumber belajar. | ||||
31 | Merespon positif partisipasi penerima didik. | ||||
32 | Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons penerima didik. | ||||
33 | Menunjukkan hubungan antar langsung yang kondusif. | ||||
34 | Menumbuhkan keceriaan atau antuisme penerima didik dalam belajar. | ||||
E. Melaksanakan Penilaian Autentik | |||||
35 | Menilai sikap dalam pembelajaran | ||||
36 | Menilai pengetahuan dalam proses pembelajaran | ||||
37 | Menilai pengetahuan dalam proses pembelajaran | ||||
F. Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran | |||||
38 | Menggunakan bahasa verbal secara terperinci dan lancar. | ||||
39 | Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar. | ||||
F. Penutup pembelajaran | |||||
40 | Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan penerima didik. | ||||
41 | Mengumpulkan hasil kerja sebagai materi portofolio. | ||||
42 | Melaksanakan tindak lanjut dengan memperlihatkan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan. | ||||
Jumlah | |||||
Nilai | |||||
3. CONTOH FORMAT Instrumen monitoring ADMINISTRASI PEMBELAJARAN SD/SMP/SMA/SMK
Nama Guru : ………………………………………….
Mata Pelajaran : ………………………………………….
Nama Sekolah : ………………………………………….
No | Aspek Yang Diamati | Nilai | Ket | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | Apakah guru mempunyai SK Pembagian Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir. | ||||||
2 | Apakah guru mempunyai jadwal pelajaran minimal 24 jam per minggu | ||||||
3 | Apakah guru membuat acara tahunan dalam tahun terakhir. | ||||||
4 | Apakah guru membuat acara semester untuk dua semester terakhir. | ||||||
5 | Apakah guru mempunyai silabus yang dibentuk sendiri dan silabus dari pemerintah | ||||||
6 | Apakah guru mempunyai RPP yang disusun sendiri | ||||||
7 | Apakah guru melaksanakan pembelajaran sesuai jadwal | ||||||
8 | Apakah guru mempunyai dan memakai buku teks dan buku referensi | ||||||
9 | Apakah guru memiliki rancangan penilaian , penilaian , Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UH. | ||||||
10 | Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UTS | ||||||
11 | Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik, kriteria dan kisi-kisi penilaian UAS | ||||||
12 | Apakah guru mengoreksi hasil ulangan | ||||||
13 | Apakah guru membuat acara dan instrumen penugasan terstruktur dan kegiatan berdikari tidak terstruktur | ||||||
14 | Apakah guru mendokumen-tasikan hasil penugasan terstruktur dan kegiatan berdikari tidak terstruktur | ||||||
15 | Apakah guru mempunyai buku daftar nilai dan berisi Nilai UH, Remidi, UTS, UAS dan Nilai Tugas. | ||||||
16 | Apakah guru melaksanakan analisis hasil penilaian UH. | ||||||
17 | Apakah guru menyusun dan melaksanakan acara remedial. | ||||||
18 | Apakah guru menyusun dan melaksanakan acara pengayaan. | ||||||
19 | Apakah guru mendapat aksesori dan mempunyai data manajemen kiprah selain mengajar | ||||||
20 | Apakah guru mempunyai buku acara mengajar | ||||||
21 | Apakah guru mempunyai Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007 (Permendikbud : 54,64,65,66,81A 2013 dan Permendikbud No.58,61,62,63 2014) | ||||||
22 | Apakah guru mempunyai buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan materi didik dll) | ||||||
23 | Apakah guru melaksanakan pengembangan materi ajar | ||||||
24 | Apakah guru mempunyai karya ilmiah populer | ||||||
25 | Apakah guru mempunyai hasil PTK | ||||||
Jumlah |
4. CONTOH FORMAT Instrumen monitoring ADMINISTRASI KHUSUS GURU BIMBINGAN KONSELING (BK) SMP/SMA/SMK
Nama Guru : ………………………………………….
Nama Sekolah : ………………………………………….
No | Aspek Yang Diamati | Nilai | Ket | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | Apakah guru mempunyai SK Pembagian Tugas Pembimbingan dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir. | ||||||
2 | Apakah guru pembimbing mempunyai perhitungan jam kegiatan pelayanan konseling di sekolah ekivalen dengan minimal 24 jam per minggu | ||||||
3 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Tahunan pada tahun pelajaran terakhir. | ||||||
4 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Semester tahun pelajaran terakhir. | ||||||
5 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Bulanan tahun pelajaran terakhir | ||||||
6 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Mingguan Layanan Konseling | ||||||
7 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Harian Layanan Konseling | ||||||
8 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Satuan Layanan | ||||||
9 | Apakah guru pembimbing membuat Daftar Siswa Asuh dan buku pribadi | ||||||
10 | Apakah guru pembimbing melaksanakan 9 layanan konseling (Orientasi, Informasi, Penempatan dan Penyaluran, Penguasaan Konten, Konseling Perorangan, Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok, Mediasi, Konsultasi) | ||||||
11 | Apakah guru pembimbing melaksanakan kegiatan pendukung (Aplikasi Instrumentasi, Himpunan Data, Konferensi Kasus, Kunjungan Rumah, Alih Tangan Kasus) | ||||||
12 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri satuan layanan kegiatan pendukung (Satkung) | ||||||
13 | Apakah guru pembimbing melaksanakan penilaian pelaksanaan konseling (Penilaian Segera, Penilaian Jangka Pendek, Penilaian Jangka Panjang) | ||||||
14 | Apakah guru pembimbing melaksanakan analisis hasil penilaian pelaksanaan konseling (semester 1 dan 2) | ||||||
15 | Apakah guru pembimbing melaksanakan tindak lanjut pelaksanaan konseling | ||||||
16 | Apakah guru pembimbing membuat administrtasi pelaksanaan konseling (Buku Kasus, Catatan Kejadian, Sosiometri, Grafik Masalah, Jurnal Kegiatan BK, Buku Tamu) | ||||||
17 | Apakah guru pembimbing membuat Laporan Bulanan, Laporan Semester dan Laporan Tahunan | ||||||
18 | Apakah guru pembimbing melaksanakan layanan konseling sesuai jadwal | ||||||
19 | Apakah guru mendapat aksesori dan mempunyai data manajemen kiprah selain mengajar | ||||||
20 | Apakah guru mempunyai buku acara mengajar | ||||||
21 | Apakah guru mempunyai Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007 | ||||||
22 | Apakah guru mempunyai buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan materi didik dll) | ||||||
23 | Apakah guru melaksanakan pengembangan materi ajar | ||||||
24 | Apakah guru mempunyai karya ilmiah populer | ||||||
25 | Apakah guru mempunyai hasil PTK |
Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Bagi Sekolah yang Menggunakan KTSP/Kurikulum 2006 (disini)
Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Bagi Sekolah yang Menggunakan Kurikulum 2013 (Disini)
Terima kasih supaya informasi pola format Supoervisi Akademik ini bermanfaat untuk Anda.
Terima kasih supaya informasi pola format Supoervisi Akademik ini bermanfaat untuk Anda.
=====================================