CONTOH SOAL PRE TEST (PRETEST) PKB KEPALA SEKOLAH |
Kepala sekolah juga harus mengikuti Kepala Sekolah (Guru) Pembelajar atau Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah). Sebelum mengikuti Kegiatan PKB Kepala Sekolah di haruskan mengikuti Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah). Berikut ini Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
Berikut Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
Petunjuk: Pilihlah salah satu balasan yang benar dengan memberi tanda silang (X) karakter A, B, C, atau D pada lembar jawaban!
1. Syarat perumusan visi, kecuali ………..
A. Visi bukanlah fakta, tetapi gambaran pandangan ideal masa depan yang ingin diwujudkan.
B. Visi sanggup menawarkan arahan, mendorong anggota organisasi untuk memperlihatkan kinerja yang baik.
C. Visi sanggup menjadikan ide dan siap menghadapi tantangan
D. Rumusan Visi Satuan Organisasi dikomunikasikan dengan seluruh stakeholders guna memperoleh penyempurnaan;
2. Rumusan Visi yang baik mempunyai kriteria (ciri-ciri)
A. Rumusannya singkat, padat dan gampang diingat;
B. Rumusan Visi Satuan Organisasi dikomunikasikan dengan seluruh stakeholders guna memperoleh penyempurnaan;
C. Rumusan Visi Satuan Organisasi merupakan kesepakatan
D. Rumusan visi mendapat dukungan dan komitmen seluruh anggota organisasi
3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 ihwal Standar Kepala Sekolah/Madrasah menyebutkan bahwa dimensi kompetensi supervisi meliputi ….
A. Mengidentifikasi permasalahan, merencanakan melaksanakan dan melaksanakan tindak lanjut hasil supervisi
B Merencanakan, melaksanakan dan melaksanakan tindak lanjut supervisi
C Merencanakan, mengidentifikasi permasalahan, menyusun alternatif pemecahan,melaksanakan supervisi
D Mengidentifikasi permasalahan, menyusun alternatif pemecahan, merencanakan, melaksanakan dan melaksanakan tindak lanjut
4. Dalam supervisi akademik, kemampuan guru yang disasarkan dalam supervisi meliputi ….
A. Pengetahuan, keterampilan mengajar, dan komitmen guru
B. Pengetahuan, keterampilan mengajar, sikap guru
C. Penguasaan materi, metode mengajar, pengelolaan kelas guru
D. Silabus, planning pembelajaran, penilaian guru
5. Kepala sekolah yang melaksanakan supervisi dengan maksud untuk mengawasi kinerja guru dan menganggap guru sebagai bawahannya yakni bukan seorang supervisor yang baik lantaran ….
A. sikap supervisi yang dilakukan kurang manusiawi
B. sikap supervisi yang dilakukan tidak kooperatif
C. sikap supervisi yang dilakukan tidak sesuai dengan fakta
D. sikap supervisi yang dilakukan menyalahi ketentuan
6. Supervisi yang dirancang sebagai pendekatan dalam melaksanakan supervisi pengajaran terhadap calon guru yang sedang berpraktek mengajar untuk membantu calon guru memodifikasi pola-pola pengajaran yang tidak atau kurang efektif yakni ….
A. supervisi akademik
B. supervisi klinis
C. supervisi pengajaran
D. supervisi praktek mengajar
7. Tugas tim pengembang kurikulum di sekolah ialah sebagai berikut, kecuali ….
A. menyusun dasar-dasar hukum, kerangka dasar serta acara inti kurikulum
B. menawarkan alternatif konsep pendidikan dan model kurikulum yang dipandang paling sesuai dengan perkembangan zaman
C. mengimplementasikan, menilai dan menyempurnakan kurikulum
D. mengartikulasikan kurikulum dan melaksanakan koordinasi segala pengalaman belajar
8. Dimensi kepemimpinan meliputi antara lain ….
A. memprovokasi, mempengaruhi, meningkatkan dan mengembangkan
B. mempengaruhi, menggerakkan, mengembangkan dan memberdayakan
C. membagi peran, mendelegasikan wewenang, mengatur strategi, dan membuat keputusan
D. memutuskan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menindaklanjuti
9. Hakikat pembangunan tim didasarkan atas ….
A. kerjasama fungsional dan kolaborasi peran
B. pengambilan keputusan yang diambil secara partisipatif
C. kepemimpinan yang hanya percaya pada data yang benar
D. pengambilan keputusan yang aman
10. Tahapan dalam pembangunan tim antara lain ….
A. Benturan, Pembentukan, Kesepakatan, Puncak
B. Pembentukan, Kesepakatan, Benturan, Kemapanan
C. Pembentukan, Benturan, Kesepakatan, Puncak, Kemapanan
D. Benturan, Kesepakatan, Puncak, Kemapanan
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
11. Kewirausahaan meliputi tiga sikap utama, yakni ….
A. kreatif, komitmen, berani mengambil resiko dari kegagalan
B. sistematis, percaya diri, tegas
C. agresif, kompetitif, egoistis
D. dinamis, inovatif, cerdas
12. Cara menumbuhkan budaya mutu di lingkungan sekolah yakni dengan cara ….
A. menawarkan reward kepada guru dan siswa yang berprestasi
B. peningkatan kualitas kehidupan beragama
C. mempunyai sasaran mutu yang tinggi
D. melaksanakan rapat evaluasi
13. Agar orang bau tanah dan guru saling mengenal merupakan ….
A. salah satu bentuk korelasi antara masyarakat dengan sekolah
B. tujuan dilaksanakannya kegiatan pertemuan antara orang bau tanah murid/ masyarakat dengan pihak sekolah
C. cara mendekatkan kebutuhan masyarakat dengan sekolah
D. teknik dalam melaksanakan korelasi kerjasama sekolah dengan masyarakat
14. Partisipasi sekolah dalam kegiatan masyarakat bertujuan untuk ….
A. pembentukan karakter anak didik
B. mencari nilai tambah bagi masyarakat
C. menumbuhkan kepekaan sosial sekolah terhadap masyarakat
D. mencari sumbangan sekolah dari masyarakat
15. Berikut yakni tujuan pemeliharaan sarana dan prasarana di sekolah adalah, kecuali ….
A. mengoptimalkan usia pakai peralatan
B. pemeliharaan yang baik menawarkan hasil pekerjaan yang baik
C. menjamin ketersediaan peralatan yang diharapkan melalui pengecekan secara rutin dan teratur
D. menjamin kesiapan operasional peralatan untuk mendukung kelancaran pekerjaan sehingga diperoleh hasil yang optimal
16. Perabot merupakan salah satu komponen sarana dan prasarana pendidikan yang mempunyai fungsi sebagai berikut, kecuali ….
A. fungsi pendidikan
B. fungsi konstruktif
C. fungsi administrasi
D. fungsi penunjang
17. Tujuan dilaksanakannya kegiatan unit produksi/jasa yakni sebagai berikut, kecuali ….
A. sebagai sumber pendanaan utama untuk pemeliharaan, penambahan fasilitas, dan biaya-biaya operasional pendidikan lainnya
B. sarana praktek produksi secara pribadi bagi siswa
C. wahana training berbasis produksi/jasa bagi siswa
D. wahana untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha guru dan siswa
18. Berikut ini yakni faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan planning unit produksi dan jasa sekolah, kecuali ….
A. menentukan lokasi usaha
B. membaca peluang bisnis
C. mempersiapkan planning organisasi
D. meneliti pelaku pasar di masa terkini
19. Administrasi keuangan sekolah, manajemen kurikulum, manajemen kesiswaan, dan manajemen humas merupakan kegiatan tenaga manajemen sekolah yang berkaitan dengan kompetensi ketenagaan manajemen sekolah terutama kompetensi ….
A. sosial
B. teknis
C. manajerial
D. kepribadian
20. Di bawah ini yakni usaha-usaha yang sanggup dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka pembinaan tenaga manajemen sekolah, kecuali ....
A. melaksanakan PHK terhadap tenaga manajemen sekolah
B. menawarkan reward bagi tenaga manajemen sekolah yang berprestasi
C. memberi kesempatan tenaga manajemen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
D. mengirim tenaga manajemen untuk mengikuti training yang berkaitan dengan bidang pekerjaannya
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
21. Penerapan prinsip manajemen keuangan di sekolah bertujuan sebagai berikut kecuali ….
A. meningkatkan akuntabilitas keuangan sekolah
B. meningkatkan transparansi keuangan sekolah
C. meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah
D. meminimalkan efisiensi penggunaan keuangan sekolah
22. Dalam perda disebutkan bahwa sekolah dihentikan memungut dana dari masyarakat. Usaha Anda selaku kepala sekolah di antaranya ….
A. menghapus kegiatan-kegiatan yang tidak mendapatkan dana dari BOS /pemerintah
B. membuka perjuangan sekolah yang sanggup menghasilkan sumber keuangan sekolah
C. mengajukan sumbangan kepada alumni yang telah sukses maupun perusahaan tertentu
D. melaksanakan koordinasi dengan komite sekolah supaya komite sekolah mendapatkan dana dari orang bau tanah siswa
23. Dalam pengalokasian keuangan sekolah terdapat istilah biaya personalia dan non personalia. Di bawah ini yakni alokasi keuangan sekolah yang tergolong biaya personalia yakni ....
A. pajak
B. tunjangan
C. jasa telekomunikasi
D. pemeliharaan sarana dan prasarana
24. Pengelolaan tenaga kependidikan merupakan rangkaian acara yang integral, bersangkutpaut dengan problem ….
A. perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
B. perekrutan, penempatan, pengembangan dan pemberhentian tenaga kependidikan
C. perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
D. perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan atau pengembangan, penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan
25. Di bawah ini salah satu bentuk tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan tenaga kependidikan yakni ….
A. iklim kerja yang aman dan profesional
B. terciptanya sikap disiplin dalam melaksanakan tugas
C. profesi tenaga kependidikan belum mendapat legalisasi dari masyarakat
D. produktivitas kerja tenaga kependidikan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan
26. Sebuah Sekolah Menengah Pertama negeri mempunyai 12 rombongan belajar. Masing-masing rombongan berguru menampung 30 siswa. Jumlah guru yang ada 12 orang dengan kualifikasi: S1 Matematika 2 orang, S1 Bahasa Inggris 2 orang, D3 IPS 1 orang, D3 Olah Raga 1 orang, S1 Bahasa Indonesia 2 orang, D3 PAI 1 orang, S1 IPA 2 orang, S1 TIK 1 orang. Berdasarkan kondisi di atas problem yang ditemukan yakni ….
A. jumlah siswa per rombongan berguru tidak memenuhi standar
B. pendidik yang mempunyai kualifikasi pendidikan S1 kurang dari 100%
C. terdapat beberapa orang pendidik yang beban mengajarnya kurang dari 24 jam pelajaran
D. beberapa pendidik belum memenuhi dan melaksanakan proses pembelajaran sesuai standar proses
27. Hasil Evaluasi Diri Sekolah (EDS) menjadi acuan bagi tim pengembang sekolah untuk menentukan posisi tahapan pengembangan sekolah. Tahap ketiga dalam tahapan pengembangan sekolah mempunyai makna sebagai berikut:
A. Telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan, namun masih perlu peningkatan
B. Telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), terdapat beberapa kekuatan dan kelemahan
C. Memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), tidak mempunyai kelemahan dan mempunyai beberapa kekuatan
D. Belum memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), mempunyai banyak kelemahan dan membutuhkan banyak perbaikan
28. Dalam penyusunan EDS, pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan memakai panduan yang disusun oleh BSNP dengan melibatkan beberapa komponen yaitu Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran, Guru BK, Perwakilan Tenaga Kependidikan, dan Komite Sekolah. Tahap pengembangan EDS di atas termasuk tahap ke ....
A. satu,
B. dua
C. tiga
D. empat
29. Penentuan prioritas dalam Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) harus disetujui dalam musyawarah bersama antara sekolah dan stake-holder pendidikan. Di bawah ini yang termasuk kriteria keterlaksanaan, yaitu ….
A. Komitmen sekolah ketika kini untuk mewujudkannya.
B. Relevansi terhadap misi, visi, dan tujuan strategis sekolah
C. Dukungan sumber daya manusia, keahlian, energi,untuk mewujudkan.
D. Pentingnya pengembangan sekolah dalam kaitannya dengan semua faktor konteks
30. Empat tahap yang berkaitan dengan bagaimana pendidik dan peserta didik mempelajari dan menemukan percaya diri mereka dalam memakai TIK, yaitu ....
A. merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, menghasilkan
B. mengenali, memahami, mempraktekkan, menghasilkan
C. menemukan, mempelajari, memahami, menjadi ahli.
D. mengenali alat, memprogramkan, mempraktekkan alat, mengontrol pelaksanaan
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
31. Pemanfaatan TIK oleh sekolah yang dicirikan dengan adanya penggunaan TIK dalam manajemen sekolah dan dalam pembelajaran, termasuk pendekatan ….
A. Emerging
B. Applying
C. Infusing
D. Transforming
32. Definisi TIK berdasarkan UNESCO (2004) yakni teknologi yang dipakai untuk berkomunikasi, menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. Yang tidak termasuk definisi umum TIK tersebut antara lain ….
A. komputer
B. televisi
C. telepon
D. mikroskop
33. Visi dari suatu sekolah mungkin tidak sama dengan visi sekolah lain sebab......
A. Visi dirumuskan sejalan dengan profil sekolah
B. Visi harus mempunyai keunikan
C. Visi yang berbeda akan lebih memacu pengembangan sekolah
D. Perbedaan merupakan pendorong tercapainya visi
34. Visi sekolah sebaiknya dilengkapi dengan indikator dengan tujuan agar.......
A. visi tidak ditafsirkan secara berbeda
B. tujuan sanggup dicapai dengan mudah
C. misi sanggup dilaksanakan sebaik-baiknya
D. semua warga sekolah berpartisipasi aktif dalam pencapaian visi
35. Peraturan menteri nomor 19 mengamanatkan bahwa setiap forum pendidikan harus memenuhi standar pengelolaan pendidikan, yang salah satu di antaranya ialah bahwa sekolah harus mempunyai visi yang salah satu tujuannya ialah supaya sekolah......
A. bisa mencapai standar internasional
B. bisa mengembangkan kurikulum bertaraf internasional
C. bisa meraih harapan bersama secara sistematis dan terrencana
D. menjadi sekolah yang terkenal di lingkungannya
36. Salah satu fungsi misi sekolah ialah sebagai......
A. sarana memperoleh dana yang cukup untuk mengembangkan lembaga
B. pijakan untuk menentukan acara sekolah
C. memberi motivasi siswa dalam melaksanakan tugasnya
D. meningkatkan kesejahteraan staff dan guru
37. Setiap warga sekolah wajib mengetahui dan memahami visi dan misi sekolah dengan tujuan agar.......
A. harapan sekolah sanggup tercapai tepat waktu
B. pencapaian nilai murni sanggup dimaksimalkan
C. siswa sukses dalam bidang akademik
D. status sekolah mencapai taraf internasional
38. Sekolah akan mengembangkan budaya membaca dan menulis bagi setiap siswanya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan:...
A. Setiap proses pembelajaran disepakati memakai perpustakaan sebagai somber belajar,
B. Menambah jumlah buku di perpustakaan untuk menunjang kegiatan tersebut
C. Diadakan jam wajib baca dan menulis bagi setiap siswa di sekolah tersebut,
D. Setiap proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran disepakati mengembangkan budaya membaca dan menulis melalui tugas-tugas yang relevan,
39. Visi yakni sebagai berikut:"Berprestasi, berbudaya, dan ber-IPTEK, serta dilandasi IMTAQ" dan salah satu misinya yakni meningkatkan kualitas pembelajaran.Salah satu tujuan jangka pendek yang terkait dengan misi tersebut adalah...
A. Sebagian guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No.41 Tahun 2007 ihwal Standar Proses
B. Guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 ihwal Standar Proses
C. Semua guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 ihwal Standar Proses
D. Sebagian guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 ihwal Standar Proses
40. Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah akan menerapkan pembelajaran kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari kegiatan tersebut yakni ...
A. Membuat surat edaran yang ditandatangani semua guru ihwal kesediaan melaksanakan pembelajaran kontekstual,
B. Menugasi wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua mata pelajaran dan diperiksa ihwal kegiatan pembelajarannya,
C. Sekolah mengadakan IHT ihwal pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan efisiensinya,
D. Meningkatkan kegiatan MGMP sekolah untuk semua mata pelajaran.
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
41. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, ihwal Standar Proses menentukan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan inti berisi proses interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta menawarkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih banyak guru yang belum melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melakukan......
A. Menghimbau kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
B. Melaksanakan workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di MGMPS serta dipantau dan diadakan pembinaan secara intensif,
C. Selalu mengingatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
D. Menugasi wakil kepala bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut.
42. Pada ulangan harian pertama kelas X-2 ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum tuntas. Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas tersebut, lantaran sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi problem di atas Kepala Sekolah melakukan.....
A. Mengingatkan kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian pada KTSP secara benar dan akuntabel,
B. Membiarkan guru tersebut lantaran sudah sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP,
C. Menegur guru tersebut pada rapat dewan guru lantaran melaksanakan kesalahan penanganan dalam melaksanakan penilaian,
D. Membiarkan guru tersebut lantaran kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP
43. Bentuk LHBS untuk setiap mata pelajaran yang sesuai dengan Permendiknas No 20 tahun 2007 yakni .....
A. Satu nilai untuk satu mata pelajaran
B. Satu nilai untuk satu mata pelajaran beserta deskripsi kemajuan belajar
C. Satu nilai setiap aspek untuk setiap mata pelajaran
D. Satu nilai pencapaian kompetensi mata pelajaran, disertai dengan deskripsi kemajuan belajar,
44. Pada ketika rapat dewan pendidik untuk memutuskan kelulusan siswa terdapat 3 siswa lulus Ujian Nasional tetapi tidak lulus ujian sekolah lantaran satu mata pelajaran ujian sekolah di bawah kriteria kelulusan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
A. Menetapkan 3 siswa tersebut tidak lulus sekolah atas dasar hasil rapat dewan pendidik,
B. Menghimbau pada rapat dewan pendidik untuk meluluskan 3 siswa tersebut, menyangkut prestise sekolah,
C. Meluluskan 3 siswa tersebut alasannya ujian nasional mempunyai bobot lebih dari pada ujian sekolah,
D. Memerintahkan guru mata pelajaran yang mengakibatkan tidak lulus untuk menambah nilai supaya siswa tersebut lulus sekolah.
45. Kegiatan pelayanan konseling sangat diharapkan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut guru BK meminta mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam jadwal pelajaran. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
A. Mengabulkan undangan tersebut meskipun menambah beban balajar siswa,
B. Tidak mengabulkan undangan tersebut lantaran akan menambah beban berguru siswa
C. Mengabulkan undangan tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1 jam tersebut bukan merupakan beban berguru siswa,
D. Tidak mengabulkan undangan tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting.
46. Dewan guru menghendaki pada SMKS Taruna Bakti pada hari sabtu tidak ada kegiatan pembelajaran tetapi dimanfaatkan untuk kegiatan ekstrakurikuler. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah .....
A. Tidak menyetujui dengan alasan tidak sesuai dengan aturan yang ada,
B. Menyetujui atas dasar hasil rapat dewan pendidik dan persetujuan Yayasan, serta dilaksanakan dengan baik dan akuntabel,
C. Menyetujui tetapi dengan syarat pada hari sabtu bukan hari libur,
D. Tidak menyetujui lantaran akan merugikan siswa.
47. Untuk meningkatkan mutu akademik, sekolah berkeinginan untuk mengatur kegiatan akademik, dan hasil rapat dewan pendidik disepakati adanya peraturan akademik di sekolah tersebut. Menyikapi hal tersebut kepala sekolah melakukan... ...
A. Segera memerintahkan kepada wakil kepala bidang akademik untuk segera mengumumkan secara verbal kepada seluruh siswa
B. Segera mebentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera mensosialisasikan kepada seluruh siswa
C. Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun Peraturan Akademik dan disosialisasikan kepada semua fihak pemangku kepentingan di sekolah tersebut.
D. Segera membuat SK pembentukan TIM akademis untuk disosialisasikan kepada semua guru mapel
48. Guna pemenuhan Standar Pengelolaan, sekolah mendayagunakan setiap unsure pada sekolah tersebut. Salah satu bentuk pendayagunaan yakni .....
A. Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
B. Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan kiprah dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
C. Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya,
D. Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan kiprah dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya
49. Dari hasil penilaian sekolah diakhir tahun, Sekolah Menengah kejuruan MAJU akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi bidang keuangan dan pembiayaan. Menyikapi hal tersebut, kepala Sekolah Menengah kejuruan MAJU melakukan.......
A. Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, dan RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya
B. Membentuk TIM untuk menyusun RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah,
C. Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah
D. Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah dan ditetapkan oleh kepala sekolah, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah
50. Agar penerimaan siswa gres pada Sekolah Menengah kejuruan WAJAR berjalan lancar dan terkendali, seharusnya sekolah tersebut ...
A. Menyusun dan memutuskan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, dan diberitakan kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan,
B. Menyusun dan membuatkan edaran ihwal PSB kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan
C. Mensosialisasikan kriteria PSB kepada masyarakat melalui media masa atau media elektronika, sebelum PSB di laksanakan
D. Menyusun dan memutuskan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, sebelum PSB di laksanakan.
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
51. SMPN 1 Kotabaru akan meningkatkan kualitas pengelolaan Sistem Informasi Manajemen, sehingga undangan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah sanggup segera diberikan atau diketahui. Menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan........
A. Memerintahkan wakil kepala untuk menyediakan akomodasi informasi yang efisien, efektif, dan gampang diakses, sehingga sanggup melayani masyarakat secara optimal,
B. Menugaskan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk melayani dan merekam undangan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah, serta didokumentasikan dengan baik sebagai materi laporan kepada Dinas Pendidikan Kota,
C. Membentuk TIM untuk menyediakan akomodasi informasi yang efisien, efektif, dan gampang diakses melayani undangan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah,
D. Memerintahkan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk menyediakan akomodasi informasi yang efisien, efektif, dan gampang diakses, sehingga sanggup melayani masyarakat secara optimal.
52. Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan, sekolah menyusun pedoman operasional sekolah. Pedoman pengelolaan sekolah meliputi ...
A. RKAS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, RAPBS, Jadwal Mengajar, Jurnal, Daftar Hadir,
B. KTSP, Kaldik, Struktur Organlsasi Sekolah, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Kode Etik, dan Beaya Operasional Sekolah,
C. RAPBS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Pembagian Tugas Guru dan Tendik,Daftar Hadir,
D. KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Jurnal, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Dan Beaya Operasional Sekolah,
53. Kepala Sekolah Menengah kejuruan JUJUR akan mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah. Yang dilakukan oleh Kepala Sekolah tersebut diakhir Tahun Pelajaran adalah
A. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuklaporan tertulis pelaksanaan kegiatan sekolah kepada Kepala DinasPendidikan Kabupaten/ Kota,
B. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuklaporan tertulis pelaksanaan kegiatan sekolah kepada PemerintahKabupaten/Kota melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota,
C. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah bidang akademik pada rapat dewan pendidik dan non akademik pada rapat komite sekolah dalam bentuk laporan,
D. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah pada komite sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota dalam bentuk laporan tertulis.
54. Permendiknas No. 19 tahun 2007 ihwal Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, menyatakan bahwa Supervisi pengelolaan akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah/madrasah dan pengawas sekolah/madrasah. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
A. Menyusunan acara supervisi pengelolaan akademik di sekolah dan disosialisasikan ke seluruh pendidik, serta dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan,
B. Menyusun acara supervisi akademik di sekolah dan pelaksanaannya dilakukan oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan atau guru senior,
C. Melaksanakan kegiatan supervisi akademis bersama pengawas sekolah,
D. Menyusun jadwal kegiatan supervisi dan disosialisasikan serta pelaksanaanya didelegasikan kepada wakil bidang kurikulum dan atau guru senior.
55. Pada kegiatan supervisi klinis oleh Kepala Sekolah, seorang guru meminta supervisor untuk mengamati khusus pada kemampuan teknik bertanya. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah selaku supervisor ...
A. Memberikan pengarahan bahwa hal itu bertentangan dengan konsep dari supervisi,
B. Menyarankan bahwa hal itu tidak bisa dilakukan lantaran kegiatan supervise harus melihat semua aspek pada kegiatan pembelajaran,
C. Menyetujui undangan tersebut sebagai fokus pengamatan, tetapi aspek yang lain juga dilihat sesuai aspek yang ada pada instrumen,
D. Tidak menyetujui lantaran supervisi dilakukan untuk kegiatan penilaian kinerja guru.
56. Untuk memenuhi Standar Pengelolaan Ruang Multi Media yang dimiliki sudah siap dan lengkap isinya dan akan dimanfaatkan secara optimal. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
A. Mengadakan rapat dewan pendidik ihwal optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran,
B. Memberikan surat edaran kepada semua guru untuk memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal,
C. Mengadakan rapat dewan pendidik ihwal optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran dan dipantau pemanfaatannya melalui jumal penggunaan ruang media,
D. Mengedarkan surat pernyataan kepada semua guru untuk ditandatangani dan dikembalikan sehingga guru akan memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal
57. Kepala SMKN 1 Kota Besar senantiasa menambah daya tampung sehingga jumlah rombongan berguru ketika ini yakni 30 rombel dengan setiap rombel menampung 44 siswa. Jika Anda sebagai Kepala di Sekolah Menengah kejuruan tersebut yang dilakukan yakni ...
A. Mempertahankan jumlah rombel dan jumlah siswa setiap rombel lantaran hal ini menunjukan demam isu masyarakat tinggi,
B. Mengurangi jumlah rombel secara sedikit demi sedikit hingga batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa perrombel tetap 32 siswa
C. Mepertahankan jumlah rombel tetapi mengurangi jumlah siswa menjadi 40 siswa perombel,
D. Mengurangi jumlah rombel secara sedikit demi sedikit hingga batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa perrombel 40 siswa
58. Kepala sekolah sebagai pimpinan di satuan pendidikan dituntut untuk mempunyai kompetensi kepribadian, kecuali?
A. tanggung jawab dan komitmen terhadap tugas.
B. bisa menyesuaikan diri dengan perkantoran.
C. berkeinginan antuk terus mengasah keterampilan diri.
D. inovatif, kreatif mengembangkan sekolah.
59. Di awal tahun pelajaran kepala sekolah memutuskan acara peningkatan kesejahteraan guru, semua pendidik dan tenaga kependidikan merasa bahagia lantaran tuntutannya terpenuhi, di tengah perjalanan pemasukan keuangan tersendat lantaran dampak ¬kenaikan barang, menyikapi hal tersebut kepala sekolah:
A. rnenghentikan kenaikan uang transport, lantaran PNS telah mendapat gaji.
B. tetap uang transport diberikan, sekalipun devisit keuangan sekolah dan melaksanakan perubahan APBS.
C. pembayaran uang transport pembayarannya ditunda.
D. pinjam uang koperasi sekolah untuk mengatasi lambatnya pemasukan.
60. Penempatan Kepala Sekolah di sekolah baru, keadaan tenaga pendidik dan kependidikan terbatas, sarana prasarana terbatas untuk menjalankan kiprah kepala sekolah!
A. mengingat semua guru dan TU tenaga gres belum pengalaman maka, semua kiprah mengerjakan sendiri supaya cepat selesai.
B. semua dikerjakan dengan lambat yang penting selesai dan selamat.
C. saya memahami keadaan, semua guru dan TU diikut-sertakan workshop supaya SDM mengikat.
D. menyusun struktur organisasi, menyusun uraian kiprah (tupoksi) semua dikerjakan bahu-membahu untuk menuntaskan pekerjaan.
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
61. Kepala Sekolah ditekan oleh wartawan dan LSM atasi block grant peningkatan mutu, sehingga kepala sekolah tidak merasa betah di sekolah, hasil audit kepala sekolah tidak bersalah?
A. Mempertahankan tetap mengemban amanat, apa pun yang terjadi.
B. Mengajukan mutasi supaya terdapat suasana kerja baru.
C. Menantang siapa pun orangnya yang menekan.
D. Memohon pembinaan untuk memperbaiki sesuai dengan aturan yang berlaku.
62. Sebagai pimpinan dalam stratifikasi sosial sekolah, Kepala Sekolah yakni tingkatan tertinggi, ada sekelompok guru tidak pernah mempedulikan kepala sekolah dan tidak pernah menegur Kepala Sekolah jikalau saling jumpa, sikap kepala sekolah?
A. biar saja, asal tidak mengganggu.
B. guru tersebut diberi surat panggilan, lantaran kepala sekolah penguasa tunggal di sekolah.
C. Kepala Sekolah setiap pagi menyambut kehadirannya dengan menyapa dan memberikan salam.
D. mengabsen guru-guru untuk mengusut kedisiplinannya, supaya ikut memikirkan sekolah.
63. Perubahan-perubahan selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah baik perubahan kurikulum, manajemen pendidikan, model dan taktik pembelajaran maupun pengelolaannya untuk melaksanakan perubahan...
A. merasa tidak lezat melaksanakan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung.
B. selalu menunggu petunjuk dan isyarat Kepala Dinas supaya tidak menyalahiprosedur.
C. melaksanakan keseimbangan dalam mengembangkan pendidikan antara sekolah,dinas pendidikan dan pemerintah daerah/pusat.
D. memerintahkan untuk melukukan perubahan demi perbaikan mutu pendidikan.
64. Terlibatnya siswa, pendidik dan tenaga kependidikan dalam ekstra kurikuler yang melibatkan banyak pihak luar sekolah tergolong dimensi kompetensi Kepala Sekolah.......
A. Pribadi
B. Sosial
C. Manajerial
D. Akademis
65. Partisipasi aktif dalam kegiatan kecamatan, kabupaten/kota termasuk masuk dimensi kompetensi Kepala Sekolah.........
A. Kepribadian
B. Manajerial
C. Sosial
D. Sektoral
66. Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi budpekerti mulia, dan menjadi teladan budpekerti mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi.......
A. Kepribadian
B. Manajerial
C. Sosial
D. Moral
67. Menciptakan penemuan yang mempunyai kegunaan bagi pengembangan sekolah, mempunyai motivasi dan besar lengan berkuasa untuk sukses dalam melaksanakan kiprah pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi.......
A. Kepribadian
B. Manajerial
C. Sosial
D. kewirausahaan
68. Membuka perbengkelan sekolah untuk umum dan untuk mengelola kegiatan produksi dan jasa sebagai sumber berguru peserta didik yakni merupakan dimensi kompetensi.......
A. Kepribadian
B. Produktivitas
C. Manajerial
D. Kewirausahaan
69. Sesuai peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005, diamanatkan bahwa lingkup Standar Nasional Pendidikan meliputi 8 standar yang salah satu diantaranya ialah standar isi yang kita gunakan sebagai pijakan untuk menentukan ............
A. lingkup materi didik dan tingkat kompetensi
B. jumlah siswa pada tiap rombongan belajar
C. sarana prasarana yang harus tersedia di dalam kelas
D. mekanisme kegiatan pembelajaran
70. Sesuai dengan peraturan menteri no 16 tahun 2007, diamanatkan bahwa setiap guru harus mempunyai minimal 4 standar kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Berikut ini yang termasuk kompetensi kepribadian ialah....
A. Menghargai setiap peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut.
B. berkomunikasi dengan orang bau tanah peserta didik secara santun
C. menguasai bidang yang diajarkan
D. memahami beberapa teori belajar
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
71. Perabot merupakan salah satu komponen sarana dan prasarana pendidikan yang mempunyai fungsi sebagai berikut, kecuali ...:
A. fungsi pendidikan
B. fungsi konstruktif
C. fungsi administrasi
D. fungsi penunjang
72. Tujuan dilaksanakannya kegiatan unit produksi/jasa yakni sebagai berikut, kecuali ....
A. sebagai sumber pendanaan utama untuk pemeliharaan, penambahan fasilitas, dan biaya-biaya operasional pendidikan lainnya
B. sarana praktik produksi secara pribadi bagi siswa
C. wahana training berbasis produksi/jasa bagi siswa
D. wahana untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha guru dan siswa
73. Berikut ini yakni faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan planning unit produksi dan jasa sekolah, kecuali ....
A. menentukan lokasi usaha
B. membaca peluang bisnis
C. mempersiapkan planning organisasi
D. meneliti pelaku pasar di masa terkini
74. Administrasi keuangan sekolah, manajemen kurikulum, manajemen kesiswaan, dan manajemen humas merupakan kegiatan tenaga manajemen sekolah yang berkaitan dengan kompetensi ketenagaan manajemen sekolah terutama kompetensi ....
A. sosial
B. teknis
C. manajerial
D. kepribadian
75. Di bawah ini yakni usaha-usaha yang sanggup dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka pembinaan tenaga manajemen sekolah, kecuali
A. melaksanakan PHK terhadap tenaga manajemen sekolah
B. menawarkan reward bagi tenaga manajemen sekolah yang berprestasi
C. memberi kesempatan tenaga manajemen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
D. mengirim tenaga manajemen untuk mengikuti diklat-diklat yang berkaitan dengan bidang pekerjaannya
76. Penerapan prinsip-prinsip manajemen keuangan di sekolah bertujuan sebagai berikut kecuali ....
A. meningkatkan akuntabilitas keuangan sekolah
B. meningkatkan transparansi keuangan sekolah
C. meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah
D. meminimalkan efisiensi penggunaan keuangan sekolah
77. Salah satu tujuan MPMBS ialah untuk memandirikan atau memberdayakan sekolah melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada sekolah, pemberian fleksibilitas yang lebih besar kepada sekolah untuk mengelola sumberdaya sekolah, dan mendorong partisipasi warga sekolah dan masyarakat. Berikut ini yang TIDAK termasuk indikator tercapainya tujuan MPMBS ialah…….
A. semakin meningkatnya perhatian masyarakat terhadap sekolah
B. meningkatnya penemuan kepala sekolah untuk mengembangkan lembaga
C. berkurangya ketergantungan sekolah pada pemerintah
D. meningkatnya jumlah siswa pada masing-masing rombongan belajar
78. Dalam rangka optimalisasi partisipasi warga sekolah dan masyarakat dalam mengembangkan sekolah, maka sekolah boleh ........
A. Memungut uang sekolah sebesar-besarnya
B. Mendorong masyarakat untuk menawarkan saran/kritik terhadap sekolah melalui jalur yang benar.
C. Memprioritaskan warga sekitar dalam merikrut tenaga pengajar
D. Mewajibkan warga sekitar untuk menjadi donatur tetap untuk pengembangan sekolah
79. SWOT ialah merupakan abreviasi dari Strength, Weakness, Opportunity dan Threat yang artinya ialah........
A. Kekuatan, kelemahan, permasalahan dan ancaman
B. Kekuatan, kelemahan, permasalahan dan solusi
C. Kekuatan, kelemahan, peluang dan kondisi
D. Kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman
80. Analisis SWOT bertujuan untuk.........
A. Menentukan kesiapan fungsi-fungsi dalam kerangaka mencapai sasaran tertentu
B. Menentukan besarnya biaya yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran tertentu
C. Menghindari kelemahan dan bahaya supaya sasaran sanggup dicapai
D. Menunjukkan kekuatan dan menyembunyikan kelemahan dalam kerangka mencapai sasaran
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
81. Berikut ini yang termasuk tujuan dari PTK ialah.......
A. untuk menemukan teori yang baru
B. untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. untuk melaksanakan eksperimen
D. untuk membuktikan kebenaran teori yang ada
82. Dalam PTK terdapat 4 tahapan, yaitu .......
A. perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi
B. perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi
C. perencanaan, refleksi, tindakan dan observasi
D. perencanaan, refleksi, observasi dan tindakan
83. Judul yang benar dari PTK ialah.......
A. Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa melalui Pajangan Bahasa secara Alami pada Kelas 1 Sekolah Menengah kejuruan Terpadu Malang.
B.Pengaruh Pajangan Bahasa secara Alami Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa.
C. Korelasi antara Penguasaan Kosakata Siswa dan Kegiatan Pajangan Bahasa secara Alami di Sekolah Menengah kejuruan 1 Malang.
D. Penggunaan Strategi Pajangan Alami dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata
84. “Dapatkah pajangan bahasa secara alami meningkatkan penguasaan kosa kata siswa pada kelas 1 Sekolah Menengah kejuruan Terpadu Malang?” Pernyataan di atas yakni cocok untuk dipakai dalam.......
A. hepotesis tindakan
B. tujuan penelitian
C. rumusan masalah
D. judul penelitian
85. Empat tahap yang berkaitan dengan bagaimana pendidik dan peserta didik mempelajari dan menemukan percaya diri mereka dalam memakai TIK, yaitu:
A. Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, menghasilkan
B. Mengenali, memahami, mampraktikkan, menghasilkan
C. Menemukan, mempelajari, memahami, menjadi ahli.
D. Mengenali alat, memprogramkan, mempratikkan alat, mengontrol pelaksanaan.
86. Pemanfaatan TIK oleh sekolah yang dicirikan dengan adanya penggunaan TIK dalam manajemen sekolah dan dalam pembelajaran, termasuk pendekatan ....
A. Emerging
B. Applying
C. Infusing
D. Transforming
87. Definisi TIK berdasarkan UNESCO (2004) yakni teknologi yang dipakai untuk berkomunikasi, menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. Yang tidak termasuk definisi umum TIK tersebut antara lain ....
A. Computer
B. Televisi
C. Telepon
D. Mikroskop
88. Sebuah Sekolah Menengah Pertama negeri mempunyai 12 rombongan belajar. Masing-masing rombongan berguru menampung 30 siswa. Jumlah guru yang ada 12 orang dengan kualifikasi: S1 Matematika 2 orang, S1 Bahasa Inggris 2 orang, D3 IPS 1 orang, D3 Olah Raga 1 orang, S1 Bahasa Indonesia 2 orang, D3 PAI 1 orang, S1 IPA 2 orang, S1 TIK 1 orang. Berdasarkan kondisi di atas problem yang ditemukan yakni ....
A. jumlah siswa per rombongan berguru tidak memenuhi standar
B. pendidik yang mempunyai kualifikasi pendidikan S1 kurang dari 100 %
C. terdapat beberapa orang pendidik yang beban mengajarnya kurang dari 24 jam pelajaran
D. beberapa pendidik belum memenuhi dan melaksanakan proses pembelajaran sesuai standar proses
89. Hasil Evaluasi Diri Sekolah (EDS) menjadi acuan bagi tim pengembang sekolah untuk menentukan posisi tahapan pengembangan sekolah. Tahap ketiga dalam tahapan pengembangan sekolah mempunyai makna sebagai berikut:
A. Telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan, namun masih perlu peningkatan
B. Telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), terdapat beberapa kekuatan dan kelemahan
C. Memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), tidak mempunyai kelemahan dan mempunyai beberapa kekuatan
D. Belum memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), mempunyai banyak kelemahan dan membutuhkan banyak perbaikan
90. Dalam penyusunan EDS, pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan memakai panduan yang disusun oleh BSNP dengan melibatkan beberapa komponen yaitu Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran, Guru BK, Perwakilan Tenaga Kependidikan, dan Komite Sekolah. Tahap pengembangan EDS di atas termasuk tahap ke ...
A. Satu,
B. Dua
C. Tiga
D. Empat
Berikut Lanjutan Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
91. Penentuan prioritas dalam Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) harus disetujui dalam musyawarah bersama antara sekolah dan stakeholder pendidikan. Di bawah ini yang termasuk kriteria keterlaksanaan, yaitu ....
A. Komitmen sekolah ketika kini untuk mewujudkannya.
B. Relevansi terhadap misi, visi, dan tujuan strategis sekolah
C. Dukungan sumber daya manusia, keahlian, energi,untuk mewujudkan.
D. Pentingnya pengembangan sekolah dalam kaitannya dengan semua faktor konteks
92. Kita sanggup menemukan situs di web dengan cepat melalui search engine yang terkenal yaitu.......
A. antivir
B. acrobat reader
C. yahoo/google
D. photoshop
93. Program Jardiknas bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan Melalui.....
A. acara wajib berguru 9 tahun
B. pemanfaatan media cetak untuk seluruh institusi di tanah air
C. kanal informasi dan komunikasi online antar forum dan komunitas pendidikan
D. maksimalisasi penggunaan sarana komputer di dalam kelas
94. Kita sanggup mengirim file melalui e-mail dengan memakai fasilitas.....
A. folder
B. mail list
C. yahoo massanger
D. attachment
95. Microsoft Power Point sanggup membantu kita dalam melakukan.......
A. penyimpanan data
B. pembukuan
C. presentasi
D. entri data
96. Penerapan prinsip-prinsip manajemen keuangan di sekolah bertujuan sebagai berikut kecuali ....
A. meningkatkan akuntabilitas keuangan sekolah
B. meningkatkan transparansi keuangan sekolah
C. meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah
D. meminimalkan efisiensi penggunaan keuangan sekolah
97. Dalam perda disebutkan bahwa sekolah dihentikan memungut dana dari masyarakat. Usaha Anda selaku kepala sekolah di antaranya ....
A. menghapus kegiatan-kegiatan yang tidak mendapatkan dana dari BOS / pemerintah
B. membuka perjuangan sekolah yang sanggup menghasilkan sumber keuangan sekolah
C. mengajukan sumbangan kepada alumni yang telah sukses maupun perusahaan tertentu
D. melaksanakan koordinasi dengan komite sekolah supaya komite sekolah mendapatkan dana dari orang bau tanah siswa
98. Dalam pengalokasian keuangan sekolah terdapat istilah biaya personalia dan nonpersonalia. Di bawah ini yakni alokasi keuangan sekolah yang tergolong biaya personalia:
A. pajak
B. tunjangan
C. jasa telekomunikasi
D. . pemeliharaan sarana dan prasarana
99. Pengelolaan tenaga kependidikan merupakan rangkaian acara yang integral, bersangkut-paut dengan problem ....
A. perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
B. perekrutan, penempatan, pengembangan dan pemberhentian tenaga kependidikan
C. perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
D. perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan atau pengembangan, penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan
100. Di bawah ini salah satu bentuk tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan tenaga kependidikan yakni ....
A. iklim kerja yang aman dan professional
B. terciptanya sikap disiplin dalam melaksanakan tugas
C..profesi tenaga kependidikan belum mendapat legalisasi dari masyarakat
D. produktivitas kerja tenaga kependidikan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan
Berikut bentuk Soal lain terkait Contoh Soal Pre Tes PKB (Pengembangan Keprofesian Berkejanjutan) Kepala Sekolah.
1 | Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah akan menerapkan pembelajaran kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari kegiatan tersebut yakni ... |
a. | Membuat surat edaran yang ditandatangani semua guru ihwal kesediaan melakukan pembelajaran kontekstual, |
b. | Menugasi wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua mata pelajaran dan diperiksa ihwal kegiatan pembelajarannya, |
c. | Sekolah mengadakan IHT ( In House Traning ) ihwal pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan efisiensinya, |
d. | Meningkatkan kegiatan KKG sekolah untuk semua mata pelajaran. |
e. | Mewajibkan setiap guru untuk mengumpulkan Silabus dan RPP |
2. | Agar penerimaan siswa gres pada SDN 2 KAOTAN berjalan lancar dan terkendali, seharusnya sekolah tersebut ... |
a. | Menyusun dan memutuskan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, dan diberitakan kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan, |
b. | Menyusun dan membuatkan edaran ihwal PSB kepada masyarakat, sebelum PSB dilaksanakan |
c. | Mensosialisasikan kriteria PSB kepada masyarakat melalui media masa atau mediaelektronika, sebelum PSB di laksanakan |
d. | Menyusun dan memutuskan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yangmerujuk pada POS secara regional, sebelum PSB di laksanakan. |
e. | Menyusun dan merencanakan dan mengedarkan melalui media |
3. | Pada ketika rapat dewan pendidik untuk memutuskan kelulusan siswa terdapat 3 siswa lulus UjianNasional tetapi tidak lulus ujian sekolah lantaran satu mata pelajaran ujian sekolah di bawah kriteria kelulusan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ... |
a. | Menetapkan 3 siswa tersebut tidak lulus sekolah atas dasar hasil rapat dewan pendidik, |
b. | Menghimbau pada rapat dewan pendidik untuk meluluskan 3 siswa tersebut, menyangkutprestise sekolah, |
c. | Meluluskan 3 siswa tersebut alasannya ujian nasional mempunyai bobot lebih dari pada ujiansekolah, |
d. | Memerintahkan guru mata pelajaran yang mengakibatkan tidak lulus untuk menambah nilaiagar siswa tersebut lulus sekolah. |
e. | Mengundang guru tersebut untuk meluluskan siswa |
4. | Kepala SDN 2 KAOTAN ROGOJAMPI akan mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah. Yang dilakukan oleh Kepala Sekolah tersebut diakhir Tahun Pelajaran yakni ... |
a. | Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulispelaksanaan kegiatan sekolah kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota, |
b. | Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulispelaksanaan kegiatan sekolah kepada Pemerintah Kabupaten/Kota melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, |
c. | Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah bidang akademik pada rapat dewanpendidik dan non akademik pada rapat komite sekolah dalam bentuk laporan, |
d. | Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah pada komite sekolah, DinasPendidikan Kabupaten/ Kota dalam bentuk laporan tertulis. |
e. | Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah sesuai dengan peraturan yangberlaku |
5. | Dewan guru menghendaki pada SDN 2 KAOTAN pada hari sabtu tidak ada kegiatanpembelajaran tetapi dimanfaatkan untuk kegiatan ekstrakurikuler. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ..... |
a. | Tidak menyetujui dengan alasan tidak sesuai dengan aturan yang ada, |
b. | Menyetujui atas dasar hasil rapat dewan pendidik dan persetujuan Yayasan, serta dilaksanakandengan baik dan akuntabel, |
c. | Menyetujui tetapi dengan syarat pada hari sabtu bukan hari libur, |
d. | Tidak menyetujui lantaran akan merugikan siswa. |
e. | Menyetujui dengan pertimbangan dari keputusan dewan pendidik. |
6. | Pada kegiatan supervisi oleh Kepala Sekolah, seorang guru meminta supervisor untuk mengamatikhusus pada kemampuan teknik bertanya. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah selaku supervisor ... |
a. | Memberikan pengarahan bahwa hal itu bertentangan dengan konsep dari supervisi, |
b. | Menyarankan bahwa hal itu tidak bisa dilakukan lantaran kegiatan supervisi harus melihatsemua aspek pada kegiatan pembelajaran, |
c. | Menyetujui undangan tersebut sebagai fokus pengamatan, tetapi aspek yang lain juga dilihatsesuai aspek yang ada pada instrumen, |
d. | Tidak menyetujui lantaran supervisi dilakukan untuk kegiatan penilaian kinerja guru. |
e. | Memberi nasehat kepada guru yang bersangkutan untuk memperbaiki |
7. | Sekolah akan menawarkan pelayanan kepada siswa, sehingga setiap siswa sanggup mengembangkandan mengekspresikan dirinya sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat, serta dapat mengembangkan prestasinya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas yang sanggup dilakukan olehsekolah yakni ... |
a. | Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sekolah,sehingga talenta siswa sanggup berkembang secara optimal, |
b. | Membentuk kelas unggulan, sehingga potensi siswa sanggup berkembang secara optimal denganpelayanan khusus yang telah dirancang, |
c. | Menambah mata pelajaran muatan lokal yang orientasinya pada keunggulan lokal, sehinggasemua siswa yang mengikuti mata pelajaran tersebut sanggup mempunyai keterampilan khusus, |
d. | Menambah jam tatap muka mata pelajaran olah raga, sehingga pelayanan talenta anak dapatdiberikan secara optimal. |
e. | Menambah jam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kondisi dan situasi keunggulan lokal. |
8. | Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan, sekolah menyusunpedoman operasional sekolah. Pedoman pengelolaan sekolah meliputi ... |
a. | RKAS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, RAPBS, Jadwal Mengajar, Jurnal, Daftar Hadir, |
b. | KTSP, Kaldik, Struktur Organisasi Sekolah, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Kode Etik, dan Beaya Operasional Sekolah, |
c. | RAPBS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Pembagian Tugas Guru dan Tendik, Daftar Hadir, |
d. | KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Jurnal, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata TertibSekolah, Peraturan Akademik, Dan Beaya Operasional Sekolah, |
e. | RPP, Silabus, KTSP, Jurnal, Pembagian Tugas Guru, Tata Tertib. |
9. | KTSP SD NEGERI 2 KAOTAN telah ditanda tangani oleh Dinas Pendidikan tingkat Kabupaten. Sekolah tersebut berkehendak menyempurnakan KTSP-nya, lantaran isi KTSP tersebut dipandang masih sangat kurang. Untuk memecahkan problem tersebut Kepala Sekolah sebagai penanggungjawab KTSP melakukan:... |
a. | Memerintahkan wakil kepala bidang kurikulum segera merevisi KTSP sesuai kekurangan yang ada, |
b. | Membentuk TIM monitoring keterlaksanaan KTSP dan segera melaksanakan kegiatan sehinggadiperoleh informasi ihwal kekurangan yang ada dan dipakai sebagai materi revisi KTSP pada tahun berikutnya, |
c. | Menugaskan kepada TIM penyusun KTSP untuk segera merombak KTSP sesuai kekuranganyang ada, sehingga dalam tahun berjalan KTSP lebih sempurna, |
d. | Menugaskan kepada TIM penyusun KTSP untuk melaksanakan penilaian dokumen KTSP dansegera dibenahi kekurangan yang ada. |
e. | Merencanakan penyusunan instrumen KTSP sebagai materi monitoring untuk di evaluasi. |
10. | Pada ulangan harian pertama kelas IV ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum tuntas. Guru kelas tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas tersebut, lantaran sudahmencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi problem di atas Kepala Sekolahmelakukan….. |
a. | Mengingatkan kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian pada KTSP secara benar dan akuntabel, |
b. | Membiarkan guru tersebut lantaran sudah sesuai dengan konsep penilaian konsep KTSP |
c. | Menegur guru tersebut pada rapat dewan guru lantaran melaksanakan kesalahan penanganan dalam melaksanakan penilaian, |
d. | Membiarkan guru tersebut lantaran kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP |
e. | Menasehati kepada guru yang bersangkutan untuk aktif dalam rapat dewan guru |
11. | Guna pemenuhan Standar Pengelolaan, sekolah mendayagunakan setiap unsur pada sekolah tersebut. Salah satu bentuk pendayagunaan yakni ..... |
a. | Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya, |
b. | Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan kiprah dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya, |
c. | Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya, |
d. | Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan kiprah dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya |
e. | Menetapkan wakil kepala sekolah untuk melaksanakan sesuai dengan bidang tugasnya |
12. | Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, ihwal Standar Proses menentukan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan inti berisi proses interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta menawarkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih banyak guru yang belum melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melakukan...... |
a. | Menghimbau kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melaksanakan prosespembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut, |
b. | Melaksanakan workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di KKG/KKKS serta dipantau dan diadakan pembinaan secara intensif, |
c. | Selalu mengingatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut, |
d. | Menugasi wakil kepala bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut. |
e. | Memberikan edaran kepada semua guru untuk mempelajari Permendiknas No. 41 Tahun 2007 |
13. | Untuk meningkatkan mutu akademik, sekolah berkeinginan untuk mengatur kegiatan akademik, dan hasil rapat dewan pendidik disepakati adanya peraturan akademik di sekolah tersebut. Menyikapi hal tersebut kepala sekolah melakukan... ... |
a. | Segera memerintahkan kepada wakil kepala bidang akademik untuk segera mengumumkan secara verbal kepada seluruh siswa |
b. | Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera mensosialisasikan kepada seluruh siswa |
c. | Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun Peraturan Akademik dan disosialisasikan kepada semua fihak pemangku kepentingan di sekolah tersebut. |
d. | Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun Peraturan Akademik dan menetapkan, serta disosialisasikan kepada semua fihak pemangkukepentingan di sekolah tersebut. |
e. | Segera membuat SK pembentukan TIM akademis untuk disosialisasikan kepada semua guru mapel/guru kelas |
14. | Bentuk LHBS untuk setiap mata pelajaran yang sesuai dengan Permendiknas No 20 tahun 2007 yakni ..... |
a. | Satu nilai untuk satu mata pelajaran |
b. | Satu nilai untuk satu mata pelajaran beserta deskripsi kemajuan belajar |
c. | Satu nilai setiap aspek untuk setiap mata pelajaran |
d. | Satu nilai pencapaian kompetensi mata pelajaran, disertai dengan deskripsi kemajuan belajar, |
e. | Satu nilai untuk semua mata pelajaran |
15. | Kegiatan pelayanan konseling sangat diharapkan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut guru BK meminta mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam jadwal pelajaran. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ... |
a. | Mengabulkan undangan tersebut meskipun menambah beban balajar siswa, |
b. | Tidak mengabulkan undangan tersebut lantaran akan menambah beban berguru siswa |
c. | Mengabulkan undangan tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1 jam tersebut bukan merupakan beban berguru siswa, |
d. | Tidak mengabulkan undangan tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting. |
e. | Mengabulkan undangan tersebut dengan menambah jam ekstrakurikuler. |
16. | Permendiknas No. 19 tahun 2007 ihwal Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, menyatakan bahwa Supervisi pengelolaan akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah/madrasah dan pengawas sekolah/madrasah. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ... |
a. | Menyusunan acara supervisi pengelolaan akademik di sekolah dan disosialisasikan ke seluruh pendidik, serta dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan, |
b. | Menyusun acara supervisi akademik di sekolah dan pelaksanaannya dilakukan oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan atau guru senior, |
c. | Melaksanakan kegiatan supervisi akademis bersama pengawas sekolah, |
d. | Menyusun jadwal kegiatan supervisi dan disosialisasikan serta pelaksanaanya didelegasikan kepada wakil bidang kurikulum dan atau guru senior. |
e. | Menyusun acara kerja supervisi akademis dan dilaporkan kepada atasan. |
17. | Sekolah akan mengembangkan budaya membaca dan menulis bagi setiap siswanya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan:... |
a. | Setiap proses pembelajaran disepakati memakai perpustakaan sebagai somber belajar, |
b. | Menambah jumlah buku di perpustakaan untuk menunjang kegiatan tersebut |
c. | Diadakan jam wajib baca dan menulis bagi setiap siswa di sekolah tersebut, |
d. | Setiap proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran disepakati mengembangkan budaya membaca dan menulis melalui tugas-tugas yang relevan, |
e. | Membentuk tim dengan berhubungan dengan guru mapel. |
18. | Visi SD NEGERI 2 KAOTAN yakni sebagai berikut: " Berprestasi, berbudaya, dan ber IPTEK, serta dilandasi IMTAQ " dan salah satu misinya yakni meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu tujuan jangka pendek yang terkait dengan misi tersebut adalah... |
a. | Sebagian guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 ihwal Standar Proses |
b. | Guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 ihwal Standar Proses |
c. | Semua guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 ihwal Standar Proses |
d. | Sebagian guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 ihwal Standar Proses |
e. | Semua guru mapel membuat RPP dan silabus sesuai dengan ketentuan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 |
19. | Dari hasil penilaian sekolah diakhir tahun, SDN 2 KAOTAN akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi bidang keuangan dan pembiayaan. Menyikapi hal tersebut, kepala SDN 2 KAOTAN melakukan....... |
a. | Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, dan RKAS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya |
b. | Membentuk TIM untuk menyusun RKAS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah, |
c. | Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah |
d. | Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah dan ditetapkan oleh kepala sekolah, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah |
e. | Membentuk TIM dengan dewan komite sekolah dan disosialisasikan kepada semua warga sekolah. |
20. | SDN 2 KAOTAN ROGOJAMPI akan meningkatkan kualitas pengelolaan Sistem Informasi Manajemen, sehingga undangan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah sanggup segera diberikan atau diketahui. Menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan........ |
a. | Memerintahkan wakil kepala untuk menyediakan akomodasi informasi yang efisien, efektif, dan gampang diakses, sehingga sanggup melayani masyarakat secara optimal, |
b. | Menugaskan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk melayani dan merekam undangan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah, serta didokumentasikan dengan baik sebagai materi laporan kepada Dinas Pendidikan Kota, |
c. | Membentuk TIM untuk menyediakan akomodasi informasi yang efisien, efektif, dan gampang diakses melayani undangan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah, |
d. | Memerintahkan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk menyediakan akomodasi informasi yang efisien, efektif, dan gampang diakses, sehingga sanggup melayani masyarakat secara optimal. |
e. | Memerintahkan petugas TU untuk menfasilitasi untuk melayani masyarakat |
21. | Untuk memenuhi Standar Pengelolaan Ruang Multi Media yang dimiliki sudah siap dan lengkap isinya dan akan dimanfaatkan secara optimal. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ... |
a. | Mengadakan rapat dewan pendidik ihwal optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran, |
b. | Memberikan surat edaran kepada semua guru untuk memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal, |
c. | Mengadakan rapat dewan pendidik ihwal optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran dan dipantau pemanfaatannya melalui jumal penggunaan ruang media, |
d. | Mengedarkan surat pernyataan kepada semua guru untuk ditandatangani dan dikembalikan sehingga guru akan memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal |
e. | Membuat undangan untuk rapat dewan pendidikan dalam rangka pemanfaatan ruang multimedia. |
22. | Kepala sekolah sebagai pimpinan di satuan pendidikan dituntut untuk mempunyai kompetensi kepribadian, kecuali? |
a. | tanggung jawab dan komitmen terhadap tugas. |
b. | mampu menyesuaikan diri dengan perkantoran. |
c. | berkeinginan antuk terus mengasah keterampilan diri. |
d. | inovatif, kreatif mengembangkan sekolah. |
e. | educator, manager, supervisior, leader, inovator. |
23. | Di awal tahun pelajaran kepala sekolah memutuskan acara peningkatan kesejahteraan guru, semua pendidik dan tenaga kependidikan merasa bahagia lantaran tuntutannya terpenuhi, di tengah perjalanan pemasukan keuangan tersendat lantaran dampak kenaikan barang, menyikapi hal tersebut kepala sekolah: |
a. | rnenghentikan kenaikan uang transport, lantaran PNS telah mendapat gaji. |
b. | tetap uang transport diberikan, sekalipun devisit keuangan sekolah dan melaksanakan perubahan RAKS. |
c. | pembayaran uang transport pembayarannya ditunda. |
d. | pinjam uang koperasi sekolah untuk mengatasi lambatnya pemasukan. |
e. | menaikan jumlah SPP |
24. | Penempatan Kepala Sekolah di sekolah baru, keadaan tenaga pendidik dan kependidikan terbatas, sarana prasarana terbatas untuk menjalankan kiprah kepala sekolah! |
a. | mengingat semua guru dan TU tenaga gres belum pengalaman maka, semua kiprah mengerjakan sendiri supaya cepat selesai. |
b. | semua dikerjakan dengan lambat yang penting selesai dan selamat. |
c. | saya memahami keadaan, semua guru dan TU diikut-sertakan workshop supaya SDM mengikat. |
d. | menyusun struktur organisasi, menyusun uraian kiprah (tupoksi) semua dikerjakan bersama sama untuk menuntaskan pekerjaan. |
e. | menyusun visi, misi dan membuat acara dan stuktur organisasi sekolah |
25. | Kepala Sekolah ditekan oleh wartawan dan LSM atasi block grant peningkatan mutu, sehingga kepala sekolah tidak krasan di sekolah, hasil audit kepala sekolah tidak bersalah? |
a. | Mempertahankan tetap mengemban amanat, apa pun yang terjadi. |
b. | Mengajukan mutasi supaya terdapat suasana kerja baru. |
c. | Menantang siapa pun orangnya yang menekan. |
d. | Wartawan dan LSM yakni kawan dalam menjalankan tugas. |
e. | Memohon pembinaan untuk memperbaiki sesuai dengan aturan yang berlaku. |
26. | Sebagai pimpinan dalam stratifikasi sosial sekolah, Kepala Sekolah yakni tingkatan tertinggi, ada sekelompok guru tidak pernah mempedulikan kepala sekolah dan tidak pernah menegur Kepala Sekolah jikalau saling jumpa, sikap kepala sekolah? |
a. | biar saja, asal tidak mengganggu. |
b. | guru tersebut diberi surat panggilan, lantaran kepala sekolah penguasa tunggal di sekolah. |
c. | Kepala Sekolah setiap pagi menyambut kehadirannya dengan menyapa dan memberikan salam. |
d. | mengabsen guru-guru untuk mengusut kedisiplinannya, supaya ikut memikirkan sekolah. |
e. | memanggil untuk dibina |
27. | Perubahan-perubahan selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah baik perubahan kurikulum, manajemen pendidikan, model dan taktik pembelajaran maupun pengelolaannya untuk melaksanakan perubahan... |
a. | merasa tidak lezat melaksanakan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung. |
b. | selalu menunggu petunjuk dan isyarat Kepala Dinas supaya tidak menyalahi prosedur. |
c. | melakukan keseimbangan dalam mengembangkan pendidikan antara sekolah, dinas pendidikan dan pemerintah daerah/pusat. |
d. | memerintahkan untuk melukukan perubahan demi perbaikan mutu pendidikan. |
28. | Pengambilan keputusan untuk menuntaskan permasalahan sangat dipengaruhi keterampilan, skill, attitude, style kepemimpinan....... |
a. | Dalam pengambilan keputusan kepala sekolah mutlak bertanggung jawab utama. |
b. | Dengan bahagia hati mendengar pendapat, saran orang lain sebagai materi pengambilan keputusan. |
c. | Keputusan didasarkan pada aturan saja. |
d. | Memiliki sikap tertutup sehingga problem tidak makin keruh dan gampang penyelesaiannya. |
e. | Sebagai pemimpin mempunyai kompetensi yang profesional. |
29. | Seorang guru menghujat kepala sekolah ketika ada rapat dinas, rnencemooh dan mengkritik habis-habisan tidak puas atas kepemimpinannya......... |
a. | Perilaku guru tersebut sangat kelewat, sehingga menurunkan harga diri maka perlu ditantang. |
b. | Guru tersebut tidak mempunyai tata krama maka diusulkan untuk dimutasi. |
c. | Biar saja meledak-ledak dalam memberikan pendapat, guru tersebut difahamkan dan dijelaskan supaya mengerti, |
d. | Tidak perlu dijawab, supaya suasana rapat terus terkendali. |
e. | Guru tersebut tidak mempunyai etika birokrasi |
30. | Kepala Sekolah mendapatkan telepon dan seseorang mencari guru, ketika dihubungi dan dicari, guru tersebut tidak masuk tanpa keterangan, kepala sekolah menjawab telepon.... |
a. | maaf, guru tersebut tidak ada. |
b. | sepertinya guru tersebut tidak hadir. |
c. | guru tersebut tidak hadir, ada yang sanggup saya bantu... |
d. | guru tersebut saya beri tugas, saya dengan bahagia hati untuk mendapatkan titipan pesan... |
e. | maaf, apa yang bisa saya bantu |
31. | Perkelahian antar pelajar terjadi di luar sekolah, pada ketika jam berguru segerombolan siswa mencari siswa di sekolah yang saudara pimpin, sikap kepala sekolah adalah........ |
a. | Mempersilahkan masuk diselesaikan secara kekeluargaan. |
b. | Menghubungi polisi supaya segerombolan siswa ditangkap dan diadili. |
c. | Mernbiarkan segerombolan siswa menerima, supaya jadi pelajaran. |
d. | Mernpersilahkan masuk, segerombolan didata, menghubungi kepala sekolah untuk melindungi siswanya sendiri. |
e. | Diselesaikan dengan BK |
32. | Sekolah memperoleh kebebasan untuk berhubungan dengan pihak lain dengan memperhatikan kriteria........ |
a. | Keuntungan dan kerugian dari kerjasama |
b. | Kemampuan berhubungan dengan banyak sekali pihak. |
c. | Keluwesan berhubungan dengan banyak sekali pihak. |
d. | Santun dalam berhubungan dengan banyak sekali pihak |
e. | Mengikuti etika birokrasi yang berlaku |
33. | Untuk meraih kejuaraan akademis atau ekstrakurikuler sekolah mempersiapkan dengan acara yang terang dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan kerjasama, dalam pelaksanaannya Kepala sekolah........ |
a. | selaku pimpinan penentu kesuksesan |
b. | sebagai top leader terdepan dalam kegiatan |
c. | melibatkan siswa, pendidik dan tenaga kependidikan |
d. | melibatkan orang andal supaya juara |
e. | memberikan motivasi |
34. | Sekolah keberadaannya tidak lepas dengan masyarakat di sekitarnya baik secara budaya, social dan ekonomi, pemahaman terhadap lingkungan menjadi penting sebagai Kepala Sekolah....... |
a. | terlibat kegiatan RT-RW bukan kepentingan sekolah. |
b. | kegiatan karang taruna sebagai wadah cowok desa |
c. | partisipasi aktif dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional |
d. | aktif dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional. |
e. | melibatkan komite sekolah |
35. | Jika dilingkungan sekolah terjadi bencana, dalam anggaran belanja sekolah tidak terprogram maka, kecuali...... |
a. | Kepala Sekolah membuka amal bencana. |
b. | Kepala Sekolah mempunyai kepekaan sosial tetap memberi sumbangan. |
c. | Kepala Sekolah dengan uang pribadi menyumbang. |
d. | Sumbangan impulsif sumbangan bencana. |
e. | Kepala Sekolah membuat edaran |
36. | Terlibatnya siswa, pendidik dan tenaga kependidikan dalam ekstra kurikuler yang melibatkan banyak pihak luar sekolah tergolong dimensi kompetensi Kepala Sekolah……. |
a. | Pribadi |
b. | Sosial |
c. | Manajerial |
d. | Akademis |
e. | Profesional |
37. | Partisipasi aktif dalam kegiatan kecamatan, kabupaten/kota termasuk masuk dimensi kompetensi Kepala Sekolah......... |
a. | Kepribadian |
b. | Manajerial |
c. | Sosial |
d. | Sektoral |
e. | Akademik |
38. | Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi budpekerti mulia, dan menjadi teladan budpekerti mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi….... |
a. | Kepribadian |
b. | Manajerial |
c. | Sosial |
d. | Moral |
e. | Profesional |
39. | Menciptakan penemuan yang mempunyai kegunaan bagi pengembangan sekolah, mempunyai motivasi dan besar lengan berkuasa untuk sukses dalam melaksanakan kiprah pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi....... |
a. | Kepribadian |
b. | Manajerial |
c. | Sosial |
d. | kewirausahaan |
e. | Akademis |
40. | Membuka perbengkelan sekolah untuk umum dan untuk mengelola kegiatan produksi dan jasa sebagai sumber berguru peserta didik yakni merupakan dimensi kompetensi….... |
a. | Kepribadian |
b. | Produktivitas |
c. | Manajerial |
d. | Kewirausahaan |
e. | Sosial |
Ini hanya sekedar Contoh Soal Pre Test (Pretest) Kepala Sekolah Pembelajar, mudah-mudahan bermanfaat.