REKRUTMEN KARYAWAN PT KERETA API INDONESIA TAHUN 2017 |
PT Kereta Api Indonesia membuka rekrutmen eksternal tingkat Sekolah Menengan Atas atau sederajat. Formasi pekerjaan yang dibutuhkan dalam rekrutmen eksternal Karyawan PT Kereta Api Indonesia (KAI) 2017 ini, antara lain Calon Masinis, Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA), Pengawas Peron (PAP), Petugas Rumah Sinyal (PRS), Petugas Wesel (PJW), Petugas Langsir (PLR), Petugas Pemeliharaan Sintelis dan LAA, Petugas Pemeliharaan Sarana, serta Petugas Pemeliharaan Rel dan Jembatan.
"KAI kembali memperlihatkan kesempatan kepada putra-putri terbaik Indonesia untuk berkarir di perusahaan ini," kata Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Suprapto dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (19/7).
Adapun gugusan pekerjaan menurut pendidikan dalam rekrutmen eksternal Karyawan PT Kereta Api Indonesia (KAI) 2017, adalah:
1. Calon Masinis Sekolah Menengan Atas IPA/SMK (Listrik, Mesin, Otomotif),
2. Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) Sekolah Menengan Atas IPA,
3. Petugas Rumah Sinyal (PRS) Sekolah Menengan Atas IPA,
4. Petugas Langsir (PLR) Sekolah Menengan Atas IPA,
5. Petugas Wesel (PJW) SMA,
6. Pengawas Peron (PAP) Sekolah Menengan Atas IPA,
7. Pemeliharaan Sarana Sekolah Menengah kejuruan (Listrik, Elektro, Mesin, Otomotif),
8. Pemeliharaan Jalan Rel dan Jembatan Sekolah Menengan Atas IPA / Sekolah Menengah kejuruan Bangunan
9. Pemeliharaan Sintelis Sekolah Menengan Atas IPA / Sekolah Menengah kejuruan (Listrik, Elektro, Elektronika, Mekatronika, Telekomunikasi, Tenaga Kelistrikan).
Formasi dan Kualifikasi Rekrutmen Eksternal PT KAI untuk lulusan SLTA sederajat.
MASINIS
MASINIS adalah pegawai yang bertugas mengoperasikan kereta api dan langsiran serta sebagai pemimpin selama dalam perjalanan kereta api. Kata "masinis" berasal dari bahasa Belanda machinist yang bergotong-royong berarti juru mesin. Disebut masinis alasannya pada awalnya juru mesinlah yang menjalankan kereta api. Sedangkan Asisten Masinis yaitu pegawai yang bertugas membantu masinis dalam mengoperasikan kereta api dan langsiran.
Masinis bertanggung jawab untuk mempercepat, memperlambat atau menghentikan kereta api mengikuti/mematuhi sinyal kereta api, semboyan dan menjamin keselamatan kereta api yang dijalankannya sehingga sanggup dikatakan masinis yaitu kepala perjalanan.
Masinis masih menjadi pilihan favorit pelamar PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan jumlah ribuan pelamar dalam sekali event rekrut. Sehingga tidak semua pelamar sanggup menjadi masinis, hanya pelamar yang berkualitaslah dan unggul dalam segi akademik namun juga harus mempunyai psikologis dan kesehatan yang baik. Maka siapkan dirimu dari kini jikalau bercita-cita ingin menjadi masinis.
Persyaratan Menjadi Masinis : | |
a. Pendidikan | : Sekolah Menengan Atas IPA atau Sekolah Menengah kejuruan Listrik / Mesin / Otomotif |
b. Nilai Kelulusan | : NEM/UAN rata-rata minimal 6 (Enam) |
c. Pengalaman Kerja | : Fresh Graduate |
d. Umur/Usia | : 18 s.d 25 Tahun untuk tingkat SLTA |
e. Jenis Kelamin | : Pria |
f. Tinggi Badan | : Minimal 165 cm |
g. Persyaratan lain | : Persyaratan di Pengumuman Rekrut |
PENGATUR PERJALANAN KERETA API (PPKA)
Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) merupakan pekerjaan seorang profesional yang membutuhkan keahlian khusus dan kedisiplinan tinggi yang bertanggung jawab mengatur dan melaksanakan segala tindakan untuk menjamin keselamatan dan ketertiban berikut segala sesuatu yang berkaitan dengan urusan perjalanan kereta api dan urusan langsir dalam batas stasiunnya untuk wilayah pengaturan setempat atau beberapa stasiun untuk wilayah pengaturan daerah.
Menjalankan kiprah sebagai PPKA bukanlah kiprah yang sanggup dilakukan oleh sembarang orang. Peran PPKA dalam kemudian lintas kereta api merupakan kiprah yang sangat vital mengingat kiprah PPKA dalam urusan perjalanan kereta api ialah mengatur bagaimana kereta api semoga tidak bertabrakan satu sama lain dan menghindari kecelakaan dalam perjalanan kereta api. Sebagai pegawai bidang operasi dan pemasaran, PPKA juga harus melayani dua bidang. Di bidang operasi, PPKA harus professional secara teknis dalam melayani perjalanan kereta api maupun urusan langsir. Sedangkan di bidang pemasaran, seorang PPKA juga harus sanggup melayani pelanggan pengguna jasa kereta api (customer) di stasiun.
Beberapa Tugas Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) antara lain :
· Melayani Kereta Api Berangkat di stasiun awal
· Melayani Kereta Api eksklusif di stasiun
· Melayani Kereta Api tiba di Stasiun
· Melayani Kereta Api berangkat di stasiun Antara
· Melayani Langsir
· Melaksanakan Uji coba pengereman dinamis
· Menjalankan kereta api sesuai dengan prosedur
· Serah terima dinasan
Persyaratan Menjadi Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) sebagai berikut : | |
a. Pendidikan | : Sekolah Menengan Atas IPA/IPS atau Sekolah Menengah kejuruan Teknik Otomotif/Mesin/Elektronika/Ketenagalistrikan |
b. Nilai Kelulusan | : SLTA NEM/UAN rata-rata minimal 6 (Enam) |
c. Pengalaman Kerja | : Fresh Graduate |
d. Umur/Usia | : 18 s.d 25 Tahun untuk tingkat SLTA |
e. Jenis Kelamin | : Pria |
g. Tinggi Badan | : Minimal 165 cm |
h. Persyaratan lain | : Persyaratan di Pengumuman Rekrut |
PETUGAS RUMAH SINYAL (PRS)
Petugas Rumah Sinyal (PRS) merupakan pekerjaan yang sangat penting untuk kelancaran perjalanan kereta api, diantara kiprah dari Petugas Rumah Sinyal yaitu menyiapkan rute kereta tiba dengan memastikan kedudukan wesel dan sinyal dalam kondisi kondusif untuk dilewati kereta api yang masuk mengamati kedatangan kereta api semenjak masuk wesel pertama yang dilewati kereta api hingga kereta api berhenti di stasiun atau hingga melewati wesel terakhir untuk kereta api yang berjalan langsung; menjaga semoga jalur kereta api yang akan dilewati tidak ada gangguan dan menjaga kereta api berhenti di tempat yang ditentukan atau berjalan langsung.
Persyaratan Menjadi Petugas Rumah Sinyal (PRS) sebagai berikut : | |
a. Pendidikan | : Sekolah Menengan Atas IPA/IPS atau Sekolah Menengah kejuruan Teknik Otomotif/Mesin/Elektronika/Ketenagalistrikan |
b. Nilai Kelulusan | : SLTA NEM/UAN rata-rata minimal 6 (Enam) |
c. Pengalaman Kerja | : Fresh Graduate |
d. Umur/Usia | : 18 s.d 25 Tahun untuk tingkat SLTA |
e. Jenis Kelamin | : Pria |
g. Tinggi Badan | : Minimal 165 cm |
h. Persyaratan lain | : Persyaratan di Pengumuman Rekrut |
PETUGAS LANGSIR (PLR)
Petugas Langsir (PLR)
Langsiran yaitu pergerakan rangkaian kereta , gerbong , atau hanya lokomotif untuk berpindah rel/jalur . Perpindahan jalur diharapkan untuk memisahkan dan merangkaikan kereta atau gerbong .
proses langsir membutuhkan keahlian khusus semoga sanggup berlangsung aman, acara langsir harus dipandu oleh seorang juru langsir . Juru langsir sanggup turun eksklusif ke lapangan langsir atau mengendalikan dari rumah langsir .
tujuan dari langsir yaitu untuk :
1 . menyusun rangkaian kereta api semoga rangkaian kereta sanggup berurutan sesuai aturan
2. menambah jumlah kereta/gerbong maupun mengurangi jumlah kereta/gerbong dalam rangkaian
3 . menghapuskan rangkaian, untuk kereta yang akan kembali ke Dipo kereta api.
Persyaratan Menjadi Petugas Langsir (PLR) sebagai berikut : | |
a. Pendidikan | : Sekolah Menengan Atas IPA/IPS atau Sekolah Menengah kejuruan Teknik Otomotif/Mesin/Elektronika/Ketenagalistrikan |
b. Nilai Kelulusan | : SLTA NEM/UAN rata-rata minimal 6 (Enam) |
c. Pengalaman Kerja | : Fresh Graduate |
d. Umur/Usia | : 18 s.d 25 Tahun untuk tingkat SLTA |
e. Jenis Kelamin | : Pria |
g. Tinggi Badan | : Minimal 165 cm |
h. Persyaratan lain | : Persyaratan di Pengumuman Rekrut |
PETUGAS WESEL (PJW)
Wesel adalah konstruksi rel yang bercabang tempat memindahkan jalur kereta api sehingga ketika relnya digeser maka kereta api juga akan mengikuti rel tersebut. Untuk memindahkan rel, dipakai wesel yang digerakkan secara manual ataupun dengan memakai motor listrik. Dalam pengoperasiannya dibutuhkan Petugas Wesel yang mengoperasikan wesel manual maupun wesel motor listrik untuk memastikan wesel semoga kondusif ketika dilalui kereta api.
Persyaratan Menjadi Petugas Wesel (PJW) sebagai berikut : | |
a. Pendidikan | : Sekolah Menengan Atas IPA/IPS atau Sekolah Menengah kejuruan Teknik Otomotif/Mesin/Elektronika/Ketenagalistrikan |
b. Nilai Kelulusan | : SLTA NEM/UAN rata-rata minimal 6 (Enam) |
c. Pengalaman Kerja | : Fresh Graduate |
d. Umur/Usia | : 18 s.d 25 Tahun untuk tingkat SLTA |
e. Jenis Kelamin | : Pria |
g. Tinggi Badan | : Minimal 165 cm |
h. Persyaratan lain | : Persyaratan di Pengumuman Rekrut |
PENGAWAS PERON (PAP)
Pengawas Peron (PAP)
Pengawas peron dalam pelaksanaan tugasnya membantu PPKA dalam pengaturan perjalanan kereta api dan langsir serta bertanggungjawab atas urusan manajemen perjalanan kereta api.
Persyaratan Menjadi Pengawas Peron (PAP) sebagai berikut : | |
a. Pendidikan | : Sekolah Menengan Atas IPA/IPS atau Sekolah Menengah kejuruan Teknik Otomotif/Mesin/Elektronika/Ketenagalistrikan |
b. Nilai Kelulusan | : SLTA NEM/UAN rata-rata minimal 6 (Enam) |
c. Pengalaman Kerja | : Fresh Graduate |
d. Umur/Usia | : 18 s.d 25 Tahun untuk tingkat SLTA |
e. Jenis Kelamin | : Pria |
g. Tinggi Badan | : Minimal 165 cm |
h. Persyaratan lain | : Persyaratan di Pengumuman Rekrut |
PEMELIHARAAN SARANA
Sarana perkeretaapian terdiri dari kereta, gerbong, lokomotif dan sarana lain yang bergerak diatas jalan rel. Kereta Api yang siap beroperasi pastinya harus mempunyai rangkaian sarana yang handal dan layak untuk beroperasi. Handal dan layaknya suatu sarana kereta api tidak lepas dari perawatan dan pemeliharaan sarana oleh pekerja sarana yang berada di depo-depo kereta/gerbong/lokomotif maupun di balai yasa.
Tenaga Pemeliharaan Sarana adalah petugas yang melaksanakan investigasi dan perawatan sarana kereta api beserta komponen pendukung dan perlengkapannya. Pemeriksaan sarana kereta api dilakukan untuk mengetahui/memastikan kondisi dan fungsi sarana. Sedangkan, perawatan sarana mencakup perawatan bersiklus dan perbaikan untuk mengembalikan fungsinya.
Persyaratan Menjadi Petugas Pemeliharaan Sarana sebagai berikut : | |
a. Pendidikan | : Sekolah Menengah kejuruan Listrik/Elektro/Mesin/Otomotif |
b. Nilai Kelulusan | : NEM/UAN rata-rata minimal 6 |
c. Pengalaman Kerja | : Fresh Graduate |
d. Umur/Usia | : 18 s.d 25 Tahun |
e. Jenis Kelamin | : Pria |
f. Tinggi Badan | : Minimal 160 cm |
g. Persyaratan lain | : Persyaratan di Pengumuman Rekrut |
PEMELIHARAAN JALAN REL DAN JEMBATAN
Pemeliharaan Jalan Rel Dan Jembatan adalah pekerjaan yang tidak kalah pentingnya dalam keselamatan dan kelancaran perjalanan kereta api, pekerjaan ini memelihara jalan rel (bangunan atas/bawah) berikut segala peralatannya, perlengkapannya, sehingga tiap-tiap bagiannya sanggup dengan kondusif dilalui dengan kecepatan puncak yang telah ditentukan.
Beberapa uraian pekerjaan Pemeliharaan Jalan Rel dan Jembatan (JJ), antara lain:
· Melaksanakan perawatan dan perbaikan tubuh jalan KA alas balas, saringan, bantalan, penambat, dll;
· Menjaga bangunan-bangunan ditepi jalan rel dan penyerobotan tanah milik KAI;
· Bila ada kerusakan jalan KA harus diperbaiki hingga selesai;
· Bersedia setiap ketika membantu mengatasi PLH (Peristiwa Luar biasa Hebat) yang terjadi didaerah sendiri maupun ditempat lain;
· Menjaga atau memelihata alat-alat regu semoga setiap ketika sanggup dipakai dilintas, baik alat mekanik maupun manual;
· Dalam melaksanakan pekerjaan, pekerja harus mentaati semua peraturan dan ketentuan yang berlaku serta petunjuk dari pimpinan atau atasannya.
Persyaratan Menjadi Pemeliharaan Jalan Rel dan Jembatan (JJ) sebagai berikut : | |
a. Pendidikan | : SLTA IPA / Sekolah Menengah kejuruan Bangunan |
b. Nilai Kelulusan | : NEM/UAN rata-rata Minimal 6 |
c. Pengalaman Kerja | : Fresh Graduate |
d. Umur/Usia | : 18 s.d 25 Tahun |
e. Jenis Kelamin | : Pria |
f. Tinggi Badan | : Minimal 160 cm |
g. Persyaratan lain | : Persyaratan di Pengumuman Rekrut |
PEMELIHARAAN SINTELIS
Pemeliharaan Sinyal, Telekomunikasi dan Listrik (Sintelis)
Sintelis punya peranan sangat penting dalam perjalanan kereta api. Tanpa perangkat persinyalan, kereta api tidak sanggup beroperasi. Perangkat ini merupakan alat yang berfungsi sebagai arahan berupa warna maupun bentuk yang dipasang di sepanjang rel. Alat itu akan memperlihatkan arahan tertentu untuk mengatur dan mengontrol pengoperasian kereta.
Di balik perangkat Persinyalan Telekomunikasi dan Listrik kereta api ada tangan-tangan terampil yang bertugas merancang, membuat, dan merawat alat-alat tersebut. Nama profesinya: teknisi sinyal kereta api.
Persyaratan menjadi Pemeliharaan Sinyal Telekomunikasi dan Listrik (Sintelis) sebagai berikut :
a. Pendidikan: SMA IPA atau Sekolah Menengah kejuruan Listrik/Elektro/Elektronika/Mekatronika/Telekomunikasi/Tenaga Kelistrikan
b. Nilai Kelulusan: SLTA NEM/UAN rata-rata minimal 6 (Enam)
c. Pengalaman Kerja: Fresh Graduate (tidak diutamakan)
d. Umur/Usia: 18 s.d 25 Tahun
e. Jenis Kelamin : Pria
f. Tinggi Badan: Minimal 165 cm
g. Persyaratan lain: Persyaratan di Pengumuman Rekrut
Persyaratan umum
Persyaratan umum Pada Rekrutmen eksternal Karyawan PT Kereta Api Indonesia tahun 2017 untuk lulusan SMA/Sederajat ini adalah
Persyaratan umum Pada Rekrutmen eksternal Karyawan PT Kereta Api Indonesia tahun 2017 untuk lulusan SMA/Sederajat ini adalah
· Warga Negara Indonesia berjenis kelamin pria,
· sehat jasmani, rohani, dan tidak buta warna serta berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian yang masih berlaku.
· Calon penerima juga harus mempunyai ijazah setingkat SLTA/Sederajat,
· NEM/UAN rata-rata serendahnya 6,0 (enam koma nol),
· usia serendah-rendahnya 18 tahun per 1 Agustus 2017 dan setinggi-tingginya 25 (dua puluh lima) tahun per 1 Agustus 2017.
· Memiliki tinggi tubuh untuk gugusan calon masinis dan PPKA minimal 165 cm dengan berat tubuh ideal, untuk gugusan PRS, PJW, PLR, dan PAP minimal 163 cm dengan berat tubuh ideal, untuk gugusan tenaga pemeliharaan sarana, sintelis dan prasarana minimal 160 cm dengan berat tubuh ideal.
· Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (Persero),
· tidak terlibat narkoba atau psikotropika, tidak bertato, dan tidak bertindik.
· calon pelamar tidak pernah dieksekusi penjara menurut putusan pengadilan yang telah berkekuatan aturan tetap dan
· tidak mempunyai korelasi perkawinan dengan pekerja PT KAI.
· tidak pernah diberhentikan di anak perusahaan atau institusi lainnya dikarenakan sanksi disiplin serta bersedia mengundurkan diri dari korelasi kerja dengan institusi lainnya apabila telah memenuhi persyaratan dan dinyatakan lulus seleksi dan lulus dalam seleksi calon pekerja gres yang diselenggarakan oleh panita recruitment PT KAI tahun 2017.
Rekrutmen eksternal Karyawan PT Kereta Api Indonesia tahun 2017 untuk lulusan SMA/Sederajat |
Yang perlu diperhatikan dalam rekrutmen ini yaitu PT KAI tidak pernah memungut biaya apapun. "Bagi para pelamar dimohon untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan sanggup membantu meluluskan rekrutmen serta PT KAI tidak mendapatkan lamaran dalam bentuk surat menyurat," kata Suprapto.
Dalam rekrutmen kali ini, para penerima harus mengikuti beberapa tahapan seleksi untuk sanggup lolos untuk bekerja di PT KAI. Ada lima tahapan yakni seleksi administrasi, seleksi kesehatan awal, seleksi psikologi, seleksi wawancara, dan seleksi kesehatan akhir.
Pengumuman pelaksanaan rekrutmen di situs akan disiarkan 24 Juli 2017 dimana para calon pelamar mulai sanggup melaksanakan pengajuan lamaran pada 24-30 Juli 2017. Namun mulai 20 Juli 2017 para pelamar sudah sanggup melaksanakan pendaftaran dan upload berkas persyaratan umum lamaran dengan mengakses website resmi KAI www.recruitment.kai.id. Bagi penerima yang lolos seleksi manajemen akan diumumkan melalui situs pada 18 Agustus 2017.
Link Pendaftan melalui laman www.recruitment.kai.id mulai dibuka (bisa diakses) pada tanggal 20 Juli 2017.
Link Pendaftaran Online Rekrutmen Eksternal PT KAI tahun 2017 (DISINI)
Demikian warta Pendaftaran Online Rekrutmen Eksternal PT KAI tahun 2017
Demikian warta Pendaftaran Online Rekrutmen Eksternal PT KAI tahun 2017
=======================================