Latihan Soalpretest Dan Posttest Pkb Mata Pelajaran Ppkn Smp

LATIHAN SOALPRETEST DAN POSTTEST PKB MATA PELAJARAN PPKN SMP

Berikut ini soal latihan Pretest PKB guru PPKN dan Posttest PKB guru PPKN Sekolah Menengah Pertama atau Uji Kompetensi Guru PPKn SMP, Insya Allah akan memperlihatkan bekal bagi rekan-rekan guru PKn yang akan mengikuti Pretest dan Posttest PKB Mata Pelajaran PPKn SMP

1.      Di bawah ini merupakan harapan-harapan dalam terciptanya kehidupan yang demokratis, kecuali....
a. Pemerintahan yang bebas.
b.  Badan kehakiman yang bebas dan tidak memihak.
c.  Pelaksanaan pemilu yang bebas.
d.  Kebebasan untuk beroposisi.
2.      Demokrasi pribadi sanggup terselenggara secara efektif lantaran beberapa faktor di bawah ini, kecuali……
a.  Wilayah negara yang terbatas.
b.  Permasalahan tidak terlalu kompleks.
c.  Majelis yang hanya terdiri dari 5000 hingga 6000 orang saja.
d.  Tidak adanya penduduk yang berjumlah besar
3. Demokrasi Pancasila adalah…..
a.  Demokrasi yang berketuhanan
b.  Demokrasi yang tidak pribadi
c.  Pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat
d.  Demokrasi berdasarkan paham kekeluargaan dan bersama-sama yang ditujukan pada kesejahteraan rakyat.
4.  Dalam demokrasi Pancasila terkandung aspek yang mengemukakan citra insan dan mengakui harkat dan martabatnya serta menjamin terwujudnya insan Indonesia sesuai dengan citra harkat dan martabat manusia. Ini ialah aspek……
a. Aspek materiil
b. Aspek normatif
c. Aspek kodrati
d. Aspek aturan
5.  Pemilu pertama di Indonesia, terselenggara dengan sistem……
a.  Dwi partai
b.  Multipartai
c.  Partai tunggal
d.  Semi multi partai
6.    Di bawah ini merupakan kondisi yang lahir dari penerapan demokrasi   terpimpin.
a.  Dominasi parlemen yang besar lengan berkuasa
b.  Peranan partai politik dan pers yang sangat terbatas
 c.  Pertikaian antar partai politik
d.  Tidak adanya kepastian hukum.
7.    Di bawah ini termasuk soko guru demokrasi, kecuali ….
a.  Kedaulatan rakyat
b.  Jaminan hak asasi insan
c.  Hak-hak lebih banyak didominasi
d.  Kekuasaan lebih banyak didominasi
8.    Pada selesai masa Orde Baru, terdapat penyelewengan-penyelewengan   terhadap prinsip-prinsip demokrasi, yakni…..
a.  Diakuinya hak-hak lebih banyak didominasi
b.  Tidak adanya pembatasan pemerintah secara konstitusional
c.  Terdapat pluralisme sosial, ekonomi dan politik
d.  Hanya ada tiga patai politik
9.    Dalam pemilu akan dipilih……
a.  DPR, DPRD Propinsi dan DPRD Kota/Kabupaten
b.  DPR, MPR, presiden dan wakil presiden
c.  Presiden     dan    wakilnya,    DPR,    DPRD      Provinsi    dan   DPRD   kota/kabupaten
d.  DPD, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kota/Kabupaten, presiden dan   wakil presiden.
10. Perilaku     yang   menunjukkan      dukungan     terhadap   tegaknya    prinsip- prinsip demokrasi adalah....
a.         Musyawarah untuk mufakat
b.         Menggunakan hak pilih dalam pemilu
c.          Mengunakan haknya dengan seluas mungkin
d.         Menghormati kekuasaan mayoritas
11.   Demokrasi dimana rakyat menyalurkan kehendaknya dengan menentukan wakil-wakilnya untuk duduk dalam dewan perwakilan rakyat, dinamakan . . . .
a. demokrasi pribadi
b. demokrasi perwakilan
c. demokrasi gabungan
d. demokrasi sosialis
12.   Salah satu asas demokrasi Pancasila ialah asas kerakyatan, yang artinya . . . .
a. kesadaran akan cinta kepada rakyat,  bersikap merakyat, berjiwa kerakyatan .
b. pemerintah harus memperhatikan dan memperjuangkan aspirasi rakyat.
c.  keputusan dengan menampung banyak sekali aspirasi dan kehendak seluruh rakyat.
d.  suatu tata cara pengambilan keputusan melalui musyawarah untuk mufakat.
13.   Keterlibatan rakyat sebagai pelaksana kedaulatan menurut  Undang-Undang Dasar 1945 ialah dalam hal  sebagai berikut, kecuali . . . .
a.  Mengisi keanggotaan DPRD melalui pemilihan umum.
b.  Mengisi keanggotaan DPR melalui pemilihan umum.
c.  Mengisi keanggotaan DPD melalui pemilihan umum.
d.  Mengajukan calon Presiden dan Wakil Presiden.
14.   Lembaga negara yang berwenang melantik Presiden dan Wakil Presiden  berdasarkan hasil pemilihan umum adalah  . . . .
a. MPR
b. DPR
c. Mahkamah Agung
d. Mahkamah Konstitusi
15.   Menurut Undang-Undang Dasar 1945 , Mahkamah Konstitusi mempunyai kewenangan untuk . . . .
a. melantik Presiden dan Wakil Presiden  berdasarkan hasil pemilihan umum.
b.  memutus perselisihan perihal hasil pemilihan umum
c.  memberi gelar, tanda jasa, dan lain-lain tanda kehormatan
d. menguji secara materiil peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang.
16.   DPR merupakan forum perwakilan rakyat yang berkedudukan sebagai forum negara dan mempunyai fungsi . . . .
a.  legislatif, eksekutif, dan yudikatif
b.  legislatif, eksekutif, dan anggaran
c.  eksekutif, legislatif , dan pengawasan
d.  legislatif, anggaran, dan pengawasan
17.   Kekuasaan untuk membentuk undang-undang disebut  . . . .
a. legislatif
b. administrator
c. yudikatif
d. federatif
18.   Anggota DPD dari setiap propinsi ditetapkan sebanyak empat orang dan jumlah seluruh anggota DPD tidak lebih dari . . . .
a.  1/2  anggota DPR
b.  1/3  anggota DPR
c.  1/4  anggota DPR
d.  1/5  anggota DPR
19.   Hasil investigasi BPK diserahkan kepada . . . .
a.  Presiden dan DPR sesuai dengan kewenangannya
b.  DPR, DPD, dan DPRD sesuai dengan kewenangannya
c.  Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi
d.  MPR, DPR, DPD ses uai dengan kewenangannya.
20.   Komisi Pemilihan Umum (KPU) bertanggungjawab atas penyelenggaraan pemilu dan memberikan laporan secara bertahap atas pelaksanaan tugasnya kepada ….
a.  DPR dan Presiden
b.  Presiden dan MPR
c.  MA dan Mahkamah Konstitusi
d.  Presiden dan MA
21.   Hak Asasi Manusia itu ialah hak yang  tidak bisa dikurangi (non derogable righ, ) karena....
a. Setiap insan memilikinya          
b. Setiap orang boleh memakai secara bebas       
c. Negara harus melindungi 
d. Bersumber dari Tuhan
22.   Franklin D. Roselvelt (1941) mengemukakan empat konsep perihal kebebasan/kemerdekaan  (Four Freedom) , yaitu, kecuali....
a. Kebebasan (kemerdekaan) berbicara   
b. Kebebasan beragama            
c. Kebebasan Berpolitik
d. Kebebasan dari Kemiskinan
23.   Setiap orang berhak untuk mempunyai sesuatu, serta untuk menjual atau menyewakan sesuatu yang dimilikinya itu kepada orang lain. Hal tersebut ialah salah satu perwujudan dari....
a. Hak Asasi  Pribadi            c. Hak Asasi Ekonomi
b. Hak Asasi Politik              d. Hak Asasi Sosial Budaya
24.   Hak asasi dimana seseorang bebas berekspresi dan mendapat pendidikan atau pengajaran merupakan perwujudan....
 a. Hak Asasi Pribadi      c. Hak Asasi Ekonomi
 b. Hak Asasi Politik        d. Hak Asasi Sosial Budaya 
25.   Pengakuan dan jaminan proteksi hak asasi insan di Indonesia telah cukup banyak diberikan, baik yang ditemukan dalam nilai-nilai  maupun dalam peraturan perundang-undangan, diantaranya berupa Ketetapan MPR RI, yaitu:
a. Ketetapan MPR Nomor XVI/MPR/1998 
b. Ketetapan MPR Nomor XVII/MPR/1998
c. Ketetapan MPR Nomor  XX/MPR/1998
d. Ketetapan MPR Nomor XIII/MPR/1998
26.Pengakuan dan jaminan proteksi hak asasi insan di Indonesia diberikan secara khusus dalam Undang-Undang Dasar 1945 sesudah diamandemen, yaitu:
a. Pasal 27 ayat (2) Undang-Undang Dasar 1945
b. Pasal 34 Undang-Undang Dasar 1945
c. Pasal 18 A hingga dengan 18 J
d. Pasal 28 A hingga dengan 28 J
27.Kebijakan PBB dalam upaya proteksi HAM secara universal melalui beberapa instrumennya memberi kewenangan kepada PBB untuk terlibat secara pribadi dalam suatu negara yang berdaulat, dengan alasan melindungi HAM.  Hal tersebut dilakukan apabila:
a. PBB menganggap negara bersangkutan terlalu banyak terjadi praktek KKN
b.  Negara yang bersangkutan tidak serius menegakkan HAM
c.  Negara yang bersangkutan tidak bisa melindungi HAM warga negaranya
d.  Negara yang bersangkutan tidak bisa melindungi HAM warga negaranya dan mengadili pelaku pelanggaran HAM yang berat
28.Badan Internasional gres yang dibuat PBB dalam penegakan HAM internasional, dengan Statuta Roma  pada kesudahannya bulan Juli 1998, yaitu:
a. Komisi HAM PBB
b. Mahkamah Internasional
c. International Criminal Court ( ICC)
d. Pengadilan HAM 
29.Lembaga yang  dibuat melalui Keppres Nomor 5 Tahun 1993, kemudian dikukuhkan lagi melalui UU Nomor 39 Tahun 1999 dalam upaya pengakan HAM di Indonesia adalah:
a. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia
b. Pengadilan Hak Asasi Mansia
c. Pengadilan Hak Asasi Mansia Ad Hoc.
d. Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi
30.Lembaga yang dibuat berdasarkan UU Nomor 26 Tahun 2000 dalam penegakan HAM di Indonesia adalah:
a. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia
b. Pengadilan Hak Asasi Mansia
c. Pengadilan Hak Asasi Mansia Ad Hoc.
d. Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi
31.Kemerdekaan dalam memberikan pendapat berarti bahwa seseorang dalam memberikan pendapatnya . . . .
a.  bebas tanpa ada batasannya
b.  tanpa tekanan fisik maupun psikis
c.  tidak perlu mempedulikan pihak lain
d.  dihentikan diganggu gugat oleh siapapun
32. Penyampaian pendapat di muka umum harus berlandaskan pada asas keseimbangan antara hak dan kewajiban artinya dalam memberikan pendapat seseorang harus . . . . 
a.  memperhatikan kewajiban dan tanggungjawab tertentu 
b.  wajib melaksanakan  musyawarah untuk mencapai mufakat
c.  memperhatikan kesesuaian antara kegiatan dengan tujuan
d.  berdasarkan peraturan dan aturan yang berlaku
33.Penyampaian pendapat di muka umum dilaksanakan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan, sesuai dengan asas. . . .
a. proporsionallitas
b. kepastian aturan
c. musyawarah mufakat
d. manfaat
34.Berikut ini yang merupakan tempat terlarang untuk unjukrasa ialah . . . .
a. jalan raya
b. lapangan kota
c. rumah sakit
d. kantor pemerintah
35.Peserta penyampaian pendapat di muka umum (demonstrasi) wajib menghormati aturan-aturan moral yang diakui umum yaitu  norma-norma berikut kecuali . . . . 
a. kesusilaan
b. agama
c. kesopanan
d. kebiasaan
36.Penyampaian pendapat di muka umum harus menghormati hak dan kebebasan orang lain diantaranya yaitu hak-hak dan kebebasan untuk . . . 
a.  hidup aman, tertib dan tenang
b.  mematuhi norma-norma 
c.  menyaksikan kegiatan unjukrasa
d.  mendapat proteksi aturan
37.Penyampaian pendapat di muka umum yang dilakukan dengan tanpa batas sanggup mengakibatkan pelanggaran terhadap hak-hak orang lain dan perpecahan dalam masyarakat atau yang sering disebut . . . .
a. SARA
b. disintegrasi sosial
c. persatuan dan kesatuan
d. kerusuhan dan bentrok
38.Penyampaian pendapat di muka umum harus dilaksanakan secara  bertanggungjawab artinya . .  
a.  harus ada orang yang bertanggungjawab
b.  sesuai dengan planning yang telah disiapkan
c.  harus tunduk pada peraturan perundang-undangan
d.  pemimpin kegiatan harus berani bertanggungjawab
39.Kemerdekaan mengemukakan pendapat yang tidak diikuti dengan tangungjawab sanggup mengakibatkan suatu keadaan anarki yaitu keadaan yang . . . .
a.  kacau seolah tak ada peraturan
b.  kurang tertib dan teratur
c. meresahkan masyarakat
d.  kondusif tertib dan terkendali
40.”Kemerdekaan berserikat dan berkumpul mengeluarkan pikiran dengan mulut dan goresan pena dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang” Pernyataan tersebut terdapat dalam Undang-Undang Dasar 1945. . . . 
a.  Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945
b. Pasal 27
c. Pasal 28
d. Pasal 29
41. Dengan diproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia, berarti ….
a.  bangsa Indonesia telah siap menjadi negara
b.  negara Indonesia telah berdiri secara de facto
c.  bangsa-bangsa di dunia mengakui Indonesia
d.  tidak ada lagi penjajahan di bumi Indonesia
42. Pada tanggal 17 Agustus 1945 jam 10.00 di jalan Pegangsaan Timur No. 56. Ir. Soekarno memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia atas nama . . . .
a. rakyat Indonesia
b. bangsa Indonesia
c.  ketua dan wakil ketua PPKI
d. negara Indonesia
43. PPKI memutuskan dan mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945 dalam sidangnya pada tanggal .
a.    9 Agustus 1945
b.  16 Agustus 1945
c.  17 Agustus 1945
d.  18 Agustus 1945
44. Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan . . . .
a.  pelaksanaan dari proklamasi kemerdekaan
b.  pernyataan kemerdekaan yang lebih rinci
c.  sumber dari segala sumber aturan di Indonesia
d.  norma pertama, tata aturan pertama di Indonesia
45. Dari segi norma, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sanggup dianggap sebagai:
a.  aturan dasar yang tertulis
b.  norma dasar 
c.  norma aturan
d.  aturan dasar tak tertulis
46. Pernyataan II dari proklamasi kemerdekaan dirinci lebih lanjut di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea . . . .
a. I
b. II
c. III
d. IV
47. Sidang I BPUPKI  pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945 agendanya ialah . . . .
a.  memeriksa usaha persiapan kemerdekaan Indonesia
b.  menyusun dan merumuskan rancangan aturan dasar
c.  merumuskan rancangan dasar negara Indonesia merdeka
d.  memutuskan dan mengesahkan rancangan Undang-Undang Dasar 1945
48. BPUPKI dalam masa sidangnya yang kedua membahas Rancangan Undang-Undang Dasar dengan membentuk . .
a.  Panitia Perancang Hukum Dasar
b. Panitia Kecil
c. Panitia Sembilan
d. Piagam Djakarta
49. Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara bersifat:
a. sementara
b. lokal
c. tetap
d. instrumental
50. Sebagai dasar negara, Pancasila merupakan;
a.  Sumber dari segala sumber aturan
b.  Pedoman dalam penyelenggaraan negara
c.  Pedoman sikap bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat
d.  Sumber tertib hukum
51. Konstitusi dan Undang-Undang  Dasar mempunyai perbedaan yang bekerjsama tidak prinsip, yaitu:
a.  Konstitusi merupakan potongan dari Undang-Undang Dasar
b.  Konstitusi meliputi di dalamnya Undang-Undang Dasar
c.  Konstitusi merupakan aturan dasar yang tertulis
d.  Undang-Undang Dasar meliputi aturan dasar tak tertulis
52. Konstitusi suatu negara dirumuskan umumnya mengatur tentang, kecuali:
a. bentuk negara        c. bentuk pemerintahan
b. dasar negara          d. sistem pemerintahan
53. Konstitusi suatu negara disusun sesuai dengan ....
a. wawasan kebangsaannya
b. karakteristik bangsanya
c. falsafah bangsanya
d. sistem ketatanegaraannya
54. Agar sanggup berpartisipasi  aktif membangun negaranya maka setiap warga negara harus ....
a. mengetahui isi konstitusi
b.  tahu arti konstitusi negaranya
c.  memahami konstitusi negaranya
d.  berjiwa besar sebagai bangsa
55. Konstitusi sanggup disamakan dengan UUD, lantaran ....
a.  baik konstitusi maupun Undang-Undang Dasar itu ada yang tertulis dan ada yang tidak tertulis
b.  Konstitusi dan Undang-Undang Dasar itu dibuat untuk tujuan yang sama
c.  Konstitusi dan Undang-undang Dasar 1945 mempunyai arti yang sama
d.  semua peraturan dasar yang didokumentasikan sanggup disebut Konstitusi atau Undang-Undang Dasar
56. Konstitusi atau Undang-Undang Dasar itu memuat hak-hak rakyat yang diperintah lantaran ....
a.  hak-hak rakyat itu awal lahirnya konstitusi
b.  konstitusi itu memuat peraturan yang bersifat legal
c.  konstitusi merupakan sekumpulan asas-asas aturan
d.  adanya jaminan dan proteksi aturan pada hak-hak rakyat  
57. Konvensi ialah konstitusi yang tidak bersifat aturan sehingga ....
a.  konvensi itu tidak tertulis
b.  konvensi itu tidak didokumentasikan 
c.  konvensi itu berbeda dengan konstitusi
d.  jikalau terjadi pelanggaran tidak sanggup dituntut dimuka pengadilan
58.Kedudukan konstitusi atau Undang-Undang Dasar 1945 dalam peraturan perundang-undangan negara Indonesia.........
a.  orang tabu untuk memperbaharui Undang-undang Dasar
b. melaksanakan Undang-Undang Dasar 1945 secara  murni dan konsekuen itu yang dikehendaki
c.  Undang-undang Dasar 1945 itu memang sudah bersifat supel
d. Undang-undang Dasar 1945 itu merupakan peraturan perundangan yang tertinggi dalam negara
59. Ketidakberhasilan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar pelaksanaan prinsip demokrasi, prinsip negara aturan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia karena 
a.  Undang-Undang Dasar 1945 mempunyai sifat singkat
b.  Undang-Undang Dasar 1945 tidak bersifat lengkap
c. Undang-Undang Dasar 1945 tidak memuat sistem keseimbangan dan pengawasan
d. Undang-Undang Dasar 1945 memperlihatkan kekuasaan yang seluas-luasnya kepada MPR
60. Reformasi sistem ketatanegaraan Republik Indonesia berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 sesudah amandemen khususnya dalam hak kekuasaan administrator ialah ....
a.  adanya Dewan Perwakilan Daerah (DPD)
b.  pembatalan Dewan Pertimbangan Agung
c.  pembatasan jabatan presiden dan pemilihan pribadi
d.  Dewan Perwakilan Rakyat dipilih melalui Pemilu
61. Siapakah yang dimaksud dengan penyelenggara pemerintahan ?
A.  Presiden dibantu seorang Wapres dan para menteri ngara
B.  Presiden, Gubernur, Bupati, dan Wali Kota
C.  Presiden dan para penasihat-penasihat Presiden
D.  Presiden dibantu oleh para menteri-menteri
62. Sebutkan asas-asas penyelenggaraan pemerintahan tempat !
A.  Desentralisasi, dekonsentrasi, dan kiprah perbantuan
B.  Sentralisasi, desentralisasi, dan kiprah perbantuan
C.  Otonomi dan kiprah perbantuan
D.  Desentralisasi, otoinomi, dan dekonsentrasi
63. Penyerahan wewenang pemerintahan oleh Pemerintah kepada tempat otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan disebut….
A. Tugas Perbantuan
B. Sentralisasi
C. Dekonsentrasi
D. Desentralisasi
64. Pelimpahan wewenang pemerintahan dari Pemerintah kepada Gubernur sebagai wakil pemerintah di wilayah tertentu, disebut ….
A. Sentralisasi
B. Dekonsentrasi
C. Desentralisasi
D. Tugas Perbantuan
65. Salah satu hak Pemda ialah ….
A.  Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat
B.  Mengembangkan kehidupan demokrasi
C.  Memilih pimpinan tempat
D.  Mengelola manajemen kependudukan
66. Keputusan politik pemerintah yang berisi ketentuan untuk menyerap sumber-sumber material maupun sumber daya insan yang ada di masyarakat, disebut ….
A.  Kebijakan umum yang bersifat deklaratif
B.  Kebijakan umum yang bersifat konstitutif
C.  Kebijakan umum yang bersifat distributif
D.  Kebijakan umum yang bersifat ekstraktif
67. Peraturan perundang-undangan perihal Pajak dan  Retribusi, Termasuk …..
A.  Kebijakan umum yang bersifat ekstraktif
B.  Kebijakan umum yang bersifat konstitutif
C.  Kebijakan umum yang bersifat distributif
D.  Kebijakan umum yang bersifat  regulatif
68. Kebijakan umum pemberian Bantuan Langsung Tunai, termasuk ….
A.  Kebijakan umum yang bersifat ekstraktif
B.  Kebijakan umum yang bersifat alokatif dan distributif
C.  Kebijakan umum yang bersifat konstitutif
D.  Kebijakan umum yang bersifat  regulatif
69. Salah satu kewajiban pemerintah tempat ialah ….
A. Mengelola kekayaan tempat
B. Mengelola apratur tempat
C. Memilih pemimpin tempat
D. Melestarikan nilai-nilai sosial budaya
70. Pelaksanaan Pemilihan Umum di daerah, termasuk pelaksanaan asas….
A. Tugas Perbantuan
B. Sentralisasi
C. Dekonsentrasi
D. Desentralisasi
71. Apakah sebabnya diharapkan upaya bela negara ?
A.  Agar tujuan nasional sanggup tercapai
B.  Agar disegani oleh negara-negara lain.
C.  Untuk mengamankan kelangsungan hidup bangsa dan negara
D.  Sebagai upaya menjaga kehormatan bangsa dan negara
72. Siapakah yang bertanggung jawab melaksanakan upaya bela negara ?
A.  Setiap Warga Negara
B   Tentara Nasional Indonesia dan Polisi Republik Indonesia
C.  TNI, Polri, dan Pegawai Negeri
D.  TNI, Polri, dan Rakyat yang terlatih (Ratih)
73.Apakah sebabnya bagi bangsa Indonesia kemerdekaan bukanlah merupakan tujuan selesai ?
A. Sebab kemerdekaan hanya melepaskan diri dari penjajah
B. Sebab bangsa Indonesia harus mempertahankan kemerdekaan untuk mencapai  Kehidupan yang dicita-citakan
C. Sebab kemerdekaan ialah hasil usaha seluruh rakyat Indonesia
D. Sebab kemerdekaan ialah atas rahmah dari Allah Yang Maha Kuasa
74. Apakah yang diharapkan untuk menghadapi bahaya pada masa orde gres dan masa reformasi ?
A. Persenjataan yang lengkap dan taktik tempur yang canggih
B. Kesadaran setiap warga negara memberantas KKN dan ketidakadilan
C. Jumlah personil militer yang besar dan terlatih
D. Persenjataan yang canggih dengan jumlah personil militer yang besar dan  terlatih
75. Korupsi, kolusi, dan nepotisme  harus dikikis habis lantaran merupakan….
A. Hambatan
B. Ancaman
C. Tantangan
D. Gangguan
76. Pendidikan Pendahuluan Bela Negara yang dilaksanakan di sekolah-sekolah ialah realisasi dari ….
A. UU. No. 20 Tahun 1982
B. UU. No. 5 Tahun 1975
C. UU. No 18 Tahun 1964
D. UU. No. 29 Tahun 1954
77. Apakah yang melatar belakangi lahirnya UU. No. 29 tahun 1954 ?
A. Untuk melindungi wilayah Indonesia dengan kekayaan alamnya.
B. Untuk mengantisipasi Agresi militer Belanda
C. Untuk menjaga keamanan negara
D. Untuk mengantisipasi bahaya fisik, non fisik, dan gejolak sosial yang mungkin  timbul.
78.Siapakah yang menjadi kekuatan utama usaha pertahanan dan keamanan negara ?
A. Rakyat Indonesia
B. Tentara Nasional Indonesia dan Polisi Republik Indonesia
C. Rakyat terlatih dan Tentara Nasional Indonesia
D. TNI, Polri, dan Rakyat terlatih
79.Kewajiban setiap warga negara turut serta dalam upaya pertahanan dan keamanan negara diatur dalam ….
A. Pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Dasar 1945
B. Pasal 28 J Undang-Undang Dasar 1945
C. Pasal 30 ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945
D. Pasal 30 ayat 2 Undang-Undang Dasar 1945
80.Gerakan Papua Merdeka (GPM) sanggup di golongkan kedalam bentuk….
A. Tantangan
B. Ancaman
C. Gangguan
D. Hambatan
81. Apakah yang dimaksud dengan prestasi ?
A.  Sesuatu yang diwariskan oleh orang bau tanah
B.  Hasil yang dicapai dari apa yang telah dikerjakan
C.  Sesuatu yang dicapai dengan memanfaatkan segala macam cara
D.  Sesuatu yang dicapai melalui pemberian orang lain
82. Apakah yang diharapkan untuk mencapai prestasi yang tinggi ?
A.  Kerja keras dan jiwa besar
B.  Dukungan dari banyak sekali pihak dan kolaborasi
C.  Menggunakan setiap peluang untuk mencapai tujuan
D.  Motivasi yang tinggi supaya populer
83. Potensi kecerdasan, menganalisis, dan menghitung ialah termasuk potensi….
A. Fisik
B. Emosional
C. Mental intelektual
D. Mental spiritual
84. Salah satu rujukan potensi Sosial ialah ….
A. Kecerdasan
B. Kemampuan menganalisis
C.  Daya juang yang tinggi
D. Kesadaran diri
85. Apakah yang membedakan orang yang berprestasi dengan yang tidak berprestasi ?
A.  Orang yang berprestasi tidak pernah mengalami kegagalan
B.  Orang yang berprestasi selalu berhasil setiap usahanya
C.  Orang yang tidak berprestasi bisa memanfaatkan peluang yang ada
D.  Orang yang berprestasi ulet dan pantang mengalah
86. Apakah syaratnya supaya menjadi orang yang kreatif ?
A.  Bersikap terbuka, berani mencoba, dan pantang mengalah
B.  Bersikap tertutup, ulet, dan melaksanakan sesuatu jikalau menguntungkan
C.  Mengutamakan pendapat sendiri, ulet, dan percaya diri
D.  Berani mengambil resiko, pantang menyerah, dan bekerja sendiri
87. Persyaratan apakah yang harus dimiliki seorang pelajar supaya sanggup meraih prestasi yang tinggi ?
A.  Memiliki buku yang banyak, lengkap, dan finansial yang cukup
B.  Kerja keras, tekun, dan displin
C.  Aktif dalam setiap kegiatan sekolah dan mempunyai sarana mencar ilmu yang lengkap
D.  Memiliki kemauan yang besar lengan berkuasa dengan menghalalkan segala macam cara
88. Adam Smith, seorang warga negara Inggris jago di bidang …..
A. Kimia
B. Ekonomi
C. Fisika
D. Kesusastraan
89. Selain keuletas, ketangguhan, dan displin, apakah yang diharapkan untuk meraih prestasi ?
A.  Mampu bekerja sanggup berdiri diatas kaki sendiri
B.  Mampu memenuhi kebutuhan sendiri
C.  Mampu melaksanakan pendekatan pada orang lain
D.  Aktif dalam banyak sekali bidang.
90. Hal apakah yang sanggup menciptakan seseorang gagal meraih prestasi ?
A. Pantang mengalah
B. Mampu merencanakan sesuatu
C.  Tidak  bisa mengendalikan amarah
D.  Motivasi yang tinggi
91. Apakah yang mendorong lahirnya globalisasi ?
A.  Pertumbuhan penduduk yang sangat cepat
B.  Semakin terbatasnya tempat tinggal insan
C.  Berkembangnya pergaulan antar bangsa
D.  Perkembangan IPTEK terutama komunikasi dan informasi
92. Sebutkan salah satu ciri globalisasi !
A.  Semakin terbatasnya lapangan kerja
B.   Semakin banyaknya jumlah insan
C.  Hilangnya sekat-sekat yang memisahkan antar negara
D.  Semakin majunya sarana transpotasi dan komunikasi
93. Sebutkan salah satu gagasan yang sudah dianggap merupakan kemauan masyarakat dunia !
A. Bentuk negara Republik
B. Hak Asasi Manusia
C. Penjajahan
D. Pergaulan bebas
94. Sebutkan salah satu rujukan gaya hidup masyarakat yang sudah mengglobal !
A. Penggunaan sarana Hand Phone
B. Cara makan
C. Kebiasaan berwisata
D. Penggunaan gelar
95. Perilaku anarkhis pada ketika berdemonstrasi, ialah dampak negatif globalisasi dalam aspek ….
A. Ekonomi
B. Sosial Budaya
C. Politik
D. Hankam
96. Sebutkan salah satu dampak positif globalisasi dalam bidang ekonomi !
A.  Tumbuhnya lapangan-lapangan kerja gres
B.  Terjadinya persaingan bebas
C.  Terbukanya kesempatan bekerjasama dengan negara lain
D.  Terbukanya kesempatan untuk melaksanakan monopoli
97. Apakah yang dimaksud dengan hedoisme ?
A.  Paham yang selalu memikirkan masa depan
B.  Paham yang mengutamakan diri sendiri (individualistis)
C.  Paham yang selalu memikirkan kepentingan bersama
D.  Paham yang memandang kenikmatan pribadi sebagai nilai tertinggi
98. Salah satu rujukan sikap hedoisme ialah ….
A.  Kebiasaan mengkonsumsi narkotika
B.  Semakin berkurangnya kepedulian terhadap sesama
C.  Lebih mengutamakan kepentingan pribadi
D.  Tidak tanggap terhadap penderitaan orang lain
99. Upaya apakah yang sanggup dilakukan untuk menghadapi masa perdagangan bebas ?
A.  Menyediakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya
B.  Menyediakan sarana pendidikan dan latihan bagi para pencari kerja
C.  Membatasi masuknya modal dari luar negeri
D.  Mempersulit izin usaha bagi para penanam modal gila
100.       Sebutkan salah satu upaya yang sanggup dilakukan untuk menarik ivestor menanmkan modal di Indonesia !
A.  Pemerintah menyediakan tenaga kerja yang murah
B.  Pemerintah menyediakan sarana-sarana yang diharapkan oleh para investor
C.  Pemerintah membatasi penanam modal dari dalam negeri
D.  Pemerintah mengeluarkan UU yang menjamin kepastian berusaha dan keamanan.

101.  Tanggung jawab mencar ilmu berada pada diri peserta didik, tetapi guru bertangung jawab pula dalam hal berikut,  kecuali....
a. mendorong prakarsa 
b.  memberikan motivasi 
c.   memperlihatkan materi supaya dihafalkan
d.  mendukung siswa mencar ilmu sepanjang hayat 
102.  Cara penugasan yang efektif untuk mengaktifkan siswa antara lain dilakukan dengan..., kecuali... 
a.   sanggup dilaksanakan dalam waktu yang singkat saja
b.   penugasan yang sederhana
c.   perintah-perintah yang terang
d.  tanpa menyediakan sumber mencar ilmu
103.  Belajar bukanlah proses menyerap pengetahuan bentukan guru yang sudah jadi. Hal ini terbukti....
a.  anak didik dikelas berbeda mendapat hasil ulangan berbeda-beda 
b.  anak  dikelas berbeda mendapat hasil ulangan yang sama
c.  anak didik dikelas yang sama mendapat hasil ulangan berbeda-beda 
d. anak didik dikelas yang sama mendapat hasil ulangan yang sama
104.  Mengingat mencar ilmu ialah kegiatan aktif peserta didik, yaitu ..., maka kiprah guru jangan hingga merebut otoritas peserta didik dalam membangun gagasannya.
a. membangun pemahaman
b. mentranfer pengetahuan
c.  menyerap pengetahuan
d. memakai fikiran
105.  Pembelajaran perlu menempatkan peserta didik sebagai subyek belajar. Artinya, pembelajaran  memperhatikan ... peserta didik.
a.  latar belakang sosial
b.  situasi lingkungan
c.  suasana kejiwaan 
d.  cara dan taktik belajar 
106.  Interaksi antarsiswa dalam mencar ilmu kelompok sanggup mempertajam, memperdalam, memantapkan, atau menyempurnakan gagasan, lantaran mereka...
 a.  takut mendapat nilai buruk
b.  memperoleh tanggapan dari siswa lain 
c.  aib jikalau kalah dengan teman 
d.  intinya orang tidak mau kalah dihadapan orang lain
107.  Potensi peserta didik yang menjadi modal dasar untuk bersikap peka, kritis, mandiri, dan kreatif adalah....
a.  rasa ingin tahu
b.  rasa bersalah
c.   rasa harga diri 
d.  rasa percaya diri
108.  Pembelajaran perlu memperlihatkan kesempatan kepada peserta didik untuk membuatkan semangat berkompetisi yang sehat untuk, oleh karenanya perlu menyediakan tugas-tugas yang memungkinkan peserta didik 
a.  bekerjasama dengan siswa lain
b.  bekerja secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri
c.  bersaing untuk mendapat nilai yang tertinggi
d.  bekerja secara tim
109.  Salah satu cara untuk mengetahui tahap awal pengetahuan peserta didik dari serangkaian kegiatan bisa dilakukan melalui....
a. curah pendapat (brain storming)
b. pretes
c. apersepsi
d. semua balasan tersebut benar
110.   Terdapat beberapa cara yang menjamin bahwa peserta didik secara aktif terlibat dalam kerja praktik, yaitu...kecuali....
a.  memberi perintah-perintah dalam suatu susunan acak
b.  memberi para peserta didik perintah secara berurutan
c.  meminta peserta untuk meramalkan hasil-hasil dari kegiatan praktik
d.  siswa diberi suatu kumpulan peralatan yang tepat 
111.   Strategi pembelajaran merupakan planning tindakan pembelajaran, yang disusun untuk ....
a.  mencapai tujuan pembelajaran
b.  memudahkan guru mengajar 
c.  memberi pedoman keterlibatan siswa
d.  memperjelas materi pembelajaran
112.  Metode ceramah bukan satu-satunya metode yang sanggup dilakukan untuk menerapkan taktik ekspositori, melainkan ada metode lain, ibarat ....
a. demontrasi
b. simulasi
c.  diskusi atau curah gagasan
d. penelusuran informasi
113.  Menurut Joyce dan Weil, bahwa pada hakikatnya pembelajaran ialah membantu para peserta didik memperoleh 
a.  informasi dan pandangan gres tertentu
b. keterampilan 
c.  nilai dan cara berfikir
d.   balasan a, b, dan c benar
114.  Strategi  pembelajaran yang intinya menitikberatkan pada cara-cara memperkuat dorongan internal insan untuk memahami dunia dengan cara menggali dan mengorganisasikan data adalah.... 
a. taktik pengelolaan informasi
b. taktik personal
c. taktik sosial
d.  taktik sistem sikap
115.  Manusia membuatkan kepribadian yang unik dan melihat dunia dari sudut pandangnya yang juga unik. Hal ini sejalan dengan penggunaan taktik ... 
a. pengelolaan informasi
b. personal
c. sosial
d. sistem sikap
116.  Setiap konsep mempunyai empat  elemen, yaitu nama, rujukan atau eksemplar, ciri-ciri (atribut) esensial dan tidak esensial, serta ....
a. bukan rujukan
b. definisi
c.  nilai dari cir-ciri 
d.  unsur dari ciri-ciri
117.  Proses berfikir yang bergerak dari fakta-fakta yang khusus menuju ke generalisasi yang bersifat umum mendasari model pembelajaran....
a. induktif
b. deduktif
c konstruktivistik
d. penjelasan nilai
118.  Model ini cocok untuk mengajarkan nilai-nilai yang menjadi materi pertimbangan dalam pengambilan keputusan, yaitu model pembelajaran....
a. pengungkapan perasaan
b. analogi
c. pilihan rasional
d. analisis rasional
119.  Tenggang rasa atau tenggang rasa sanggup dibutuhkan dengan cara mengandaikan dirinya berada pada posisi orang lain. Hal ini merupakan pandangan yang mendasari model pembelajaran....
a. pembentukan kepedulian
b. analogi
c. pilihan rasional
d. pengungkapan perasaan
120.  Siswa harus menciptakan planning kerja (proposal) dan mencari dukungan orang lain (advokasi) untuk menyukseskan programnya. Merupakan langkah pembelajaran dengan model....  
a. pembelantukan kepedulian
b. agresi sosial
c. pilihan rasional
d. pengungkapan perasaan
121.  Proses pembelajaran kontekstual berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa hal ini berarti....
a.  hasil pembelajaran lebih dipentingkan daripada proses
b.  taktik pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil
c.   tujuan pembelajaran lebih diutamakan daripada cara
d.  cara pembelajaran lebih diutamakan daripada tujuan
122.  Pemicu digunakannya pembelajaran kontekstual, lantaran kelemahan pada pembelajaran tradisional antara lain...,  kecuali... 
a.  belum bisa menyiapkan lulusan bisa bekerja di masyarakat
b.  para siswa hanya diajak untuk menyerap, tetapi tidak memakai pengetahuannya
c.  didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal
d. menghilangkan pemisahan antara pembelajaran teoretis dan mudah
123.  Melalui taktik CTL, siswa diharapkan mencar ilmu melalui....
a. bertanya 
b. menghafal
c. mengalami 
d. menyerap informasi
124.   Pernyataan ini sempurna untuk menandai pembelajaran berbasis CTL, yaitu.... 
a.  pembelajaran hanya terjadi dalam kelas
b.  hukuman ialah eksekusi dari sikap buruk
c.  sikap baik berdasar motivasi estrinsik
d.  sikap dibangun atas kesadaran diri
125.  Pernyataan ini tidak tepat untuk menggambarkan ciri pembelajaran kontekstual, yaitu.... 
a.  kebenaran bersifat otoriter dan pengetahuan bersifat final
b.  pembelajaran terjadi di banyak sekali tempat, konteks, dan setting
c.  penyesalan ialah eksekusi dari sikap buruk
d.  sikap baik berdasar motivasi instrinsik
126.  Pengetahuan dibangun oleh insan sedikit demi sedikit, yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas (sempit) dan tidak sekonyong-konyong. Pernyataan ini sesuai dengan komponen CTL, yaitu....
a. inkuiri
b. konstruktivisme
c. modelling
d. masyarakat mencar ilmu
127.  CTL menekankan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa bukan hasil mengingat seperangkat fakta-fakta, tetapi hasil....
a. penerimaan yang bahagia hati
b. mentransfer informasi
c. dari menemukan sendiri
d. proses ingin tahu
128.  Dalam pembelajaran kontekstual, kegiatan bertanya digunakan untuk..., kecuali....
a.  menggali informasi, baik manajemen maupun akademis 
b.  mengecek pemahaman siswa 
c.  menambah pengetahuan
d.  membangkitkan respon kepada siswa 
129.  Hasil mencar ilmu diperoleh dari sharing antar teman, antarkelompok, dan antara yang tahu ke yang belum tahu.  Ini makna dari komponen CTL, yaitu....
a. inkuiri
b. masyarakat belajar 
c. konstruktivisme
d. modelling
130.  Kalau begitu, cara saya menyimpan file selama ini salah, ya!. Merupakan ungkapan salah satu komponen CTL, yaitu....  
a. inkuiri
b. refleksi 
c. konstruktivisme
d. modeling
131.  Kelas ialah cermin dari masyarakat dan berfungsi sebagai laboratorium untuk mencar ilmu dalam kehidupan nyata. Hal itu merupakan pernyataan yang sesuai untuk pembelajaran....
a. kontekstual
b. kooperatif
c. kuantum
d. berbasis dilema
132.  Berikut ini merupakan ciri-ciri pembelajaran kooperatif , kecuali... 
a.  mencar ilmu dalam kelompok kecil 
b.  produktif berbicara atau  mengemukakanpendapat/gagasan
c.  siswa menciptakan keputusan 
d.  antar anggota saling bersaing
133.  Melalui taktik CTL, siswa diharapkan mencar ilmu melalui....
a. bertanya 
b. menghafal
c. mengalami 
d. menyerap informasi
134.   Pembelajaran koperatif mempunyai sistem penilaian yang dilakukan berdasarkan pencapaian hasil belajar, berupa.... 
a.  komulatif dalam kelompok
b.  prestasi setiap anggota tidak menentukan
c.  penguasaan materi pelajaran setiap siswa tidak bermakna
d.  fikiran aktif dan kreatif tidak dihargai
135.  Tujuan pembelajaran kooperatif antara lain.... 
a.  hasil mencar ilmu akademik
b. pengukuhan adanya keragaman
c.  pengembangan keterampilan sosial
d.  balasan a, b, dan c benar
136.  Setiap murid dalam kelompok (kelompok asal) nantinya akan diberi kiprah untuk menjadi tim jago pada suatu topik tertentu, hal ini merupakan ciri dari pembelajaran kooperatif tipe....
a. TAI
b. Jig-Saw
c. CIRC
d. STAD
137.  Model pembelajaran kooperatif untuk pengelompokan campur yang melibatkan pengukuhan tim dan tanggung jawab kelompok untuk pembelajaran individu anggota ialah tipe....
a. TAI
b. Jig-Saw
c. CIRC
d. STAD
138.  Pembelajaran kooperatif, dimana antarkelompok dipertandingkan suatu permainan edukatif ialah tipe....
a. TAI
b. Jig-Saw
c. CIRC
d. TGT
139.   Pembelajaran kooperatif yang diikuti dengan pemberian dukungan secara individu bagi siswa yang memerlukannya ialah tipe....
a. CIRC
b. Jig-Saw
c. TAI 
d. TGT
140.  Pembelajaran kooperatif yang mensyaratkan dalam kelompok ada siswa yang pandai, sedang, dan lemah, serta masing-masing siswa sebaiknya merasa cocok satu sama lain ialah tipe.....  
a. CIRC
b. Jig-Saw
c. TAI 
d. TGT
141.  Kegiatan memutuskan siswa naik kelas atau tidak naik kelas ialah kegiatan ….
A. Pengukuran
B. Membandingkan
C. Penilaian
D. Mengevaluasi
142.   Sebutkan dua kegian yang harus dilakukan guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran !
A.  Pengukuran dan penafsiran
B.  Pengukuran dan penilaian
C.  Penilaian dan penafsiran
D.  Penilaian dan penilaian
143.  Pedoman yang digunakan guru dalam membuatkan alat penilaian ialah ….
A. Kurikulum
B. Tujuan Pembelajaran
C. Buku Pelajaran
D. Kisi-kisi tes
144.   Salah satu manfaat penilaian yang dilaksanakan secara kontinu adalah….
A.  Hasilnya lebih valid
B.  Hasilnya lebih reliabel
C.  Hasilnya lebih akurat
D.  Hasilnya memuaskan semua pihak
145.   Penilaian yang bertujuan untuk mengetahui kesulitan mencar ilmu siswa disebut …..
A. Selection tes
B. Placement tes
C. Achievement tes
 D. Diagnostic tes
146.  Manfaat hasil penilaian bagi siswa ialah sebagai berikut, KECUALI:
A. Mengetahui kesesuaian materi pelajaran dengan kemampuan siswa
B. Mendorong siswa mencar ilmu
C.  Mengetahui ketepatan cara mencar ilmu
D. Mengetahui kemajuan mencar ilmu
147.  Langkah pertama yang ditetapkan guru dalam merencanakan penilaian ialah …..
A.  Menetapkan aspek-aspek yang akan diukur
B.  Menetapkan metode penilaian yang akan digunakan
C.  Menetapkan kriteria penilaian
D.  Menetapkan tujuan penilaian
148.   Tes yang materinya sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan guru disebut ….
A.  Tes yang reliabel
B.  Tes yang valid
C.  Tes yang mempunyai daya beda
D.  Tes yang mempunyai derajat kesukaran yang memadai.
149.   Apakah kriteria yang sebaiknya digunakan guru dalam menentukan metode penilaian yang akan digunakannya ?
A.  Aspek/ranah  yang akan diukur
B.  Jumlah siswa
C.  Materi pelajaran
D.  Waktu yang tersedia
150.  Siapa sajakah yang sanggup memanfaatkan hasil penilaian ?
A. Guru dan siswa
B. Guru dan sekolah/lembaga
C.  Sekolah dan siswa
D.  Siswa, guru, dan Sekolah
151.   Tes apakah yang memberi kebebasan kepada siswa untuk menyusun jawabannya sesuai dengan kemampuannya ?
a. Tes pilihan ganda
b. Tes Uraian
c.  Tes asosiasi pilihan ganda
d.  Tes tinjauan kasus
152.    Sebutkan salah satu kelemahan tes uraian !
A. Validitasnya tinggi
B. Reliabilitasnya tinggi
C. Sangat cocok digunakan untuk siswa dalam jumlah yang besar
 D. Hanya sedikit saja kemampuan siswa yang sanggup diukur.
153.   Sebutkan salah satu ciri khas tes objektif !
A. Jawaban untuk setiap soal mutlak benar dan mutlak salah
B. Disusun dalam jumlah soal yang kecil
C. Petunjuk untuk mengerjakan soal semuanya sama
D. Tes objektif  validitasnya rendah
154.   Salah satu kelemahan tes objektif adalah….
A.. Tidak ada kemungkinan siswa memperoleh nilai nol
B. Sangat dimungkinkan siswa menjawab secara tebakan
C. Tingkat reliabilitas tes rendah
D. Untuk mengkoreksi pekerjaan siswa diharapkan keahlian.
155.  Tes pilihan ganda yang meminta siswa untuk menentukan salah satu balasan yang merupakan kata-kata yang dikosongkan disebut …..
A. Perkecualian
B. Hubungan antar hal
C. Assosiasi pilihan ganda
D. Melengkapi pilihan
156.   Apakah sebabnya tes buatan guru tidak termasuk tes tes standar ?
A. Sebab tidak pernah di tryoutkan.
B. Hanya digunakan untuk kepentingan sendiri
C. Karena tidak melalui proses standarisasi.
D. Guru Bukan jago Menyusun soal
157.   Tes pilihan ganda yang strukturnya terdiri dari dua kalimat yang dihubungan dengan kata sebab, disebut tes …..
A. Melengkapi balasan
B. Asosiasi pilihan ganda
C. Tinjauan kasus
D. Hubungan antar hal
158.   Untuk mengukur aspek afektif sebaiknya guru memakai tes apa ?
A. Tes Uraian
 B. Tes Objektif
C. Non Tes
D. Tes Pilihan Ganda
159.  Apakah yang dimaksud dengan wawancara terpimpin ?
A.  Wawancara yang dipimpin oleh guru
B.  Wawancara yang memakai alat perekan wawancara
C.  Wawancara yang terikat dengan protokoler
D. Wawancara yang dilakukan dengan menyajikan pertanyaan yang telah disiapkan.
160.     Apakah gunanya dokumen dalam penilaian ?
A.  untuk melengkapai data-data yang telah diperoleh dengan tes lain.
B.  Sebagai materi utama menentukan hasil mencar ilmu siswa
C.  Untuk memutuskan kompetensi siswa
D. Sebagai materi pertimbangan dalam menentukan keberhasilan siswa
161.  Apakah sebabnya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menerapkan  Penilaian Berbasis Kelas ?
A.  Karena penialain harus dilaksanakan di dalam kelas.
B.  Karena penilaian dilakukan secara terpadu dengan kegiatan mencar ilmu mengajar
C. Karena penilaian hanya sanggup dilakukan oleh yang mengajar di kelas tersebut.
D.  Karena penilaian memakai banyak sekali macam teknik penilaian.
162.  Bagaimanakah pelaksanaan penilaian ranah kognitif, afektif, dan psikompotor dalam penilaian berbasis kelas ?
A. Dilaksanakan secara proporsional sesuai dengan sifat mata pelajaran.
B. Dilaksanakan  secara proporsional tanpa membedakan mata pelajaran
C.  Dilaksanakan dengan mengutamakan ranah kognitif.
D.  Dilaksanakan tanpa membeda-bedakan mata pelajaran.
163.  Tes yang menuntut siswa untuk melaksanakan kiprah dalam bentuk perbuatan yang sanggup diamati guru disebut …..
A. Tes Penugasan
B. Tes Proyek
C. Tes Penampilan
D.  Tes Penilaian diri
164.   Apakah yang dimaksud dengan prinsip penilaian terpola ?
A.   Penilaian yang dilaksanakan hanya pada waktu-waktu tertentu
B.  Penilaian yang dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
C.   Penilaian yang dilaksanakan setiap selesai mengajar
D.  Penilaian yang dilaksanakan setiap selesai satu satuan pelajaran dilaksanakan.
165.   Apakah yang dimaksud dengan indikator penilaian ?
A.   Kemampuan-kemampuan yang akan diukur
B.   Kemampuan-kemampun minimal yang akan dinilai.
C.   Unsur-unsur pokok  yang sanggup menjelaskan kemampuan siswa sesudah menuntaskan pelajaran
D.   Kemampuan minimal yang diharapkan dimiliki siswa
166.  Apakah tujuan memperlihatkan tugas-tugas terstruktur kepada peserta didik ?
A.   Agar siswa lebih mendalami dan memperluas penguasaan materi pelajaran.
B.   Agar siswa mempunyai kegiatan yang positif di luar jam pelajaran
C.   Untuk mendorong siswa lebih ulet mencar ilmu
D.  Agar siswa sanggup berlatih mengerjakan kiprah dengan penuh tanggung jawab.
167.  Siapakah yang bertugas mengisi nilai kiprah terstruktur pada portofolio masing-masing siswa ?
A.   Guru mata pelajaran yang bersangkutan
B.   Petugas yang ditunjuk sekolah
C.   Masing-masing siswa, kemudian di cek dan diparaf guru
D.   Guru wali kelas yang kemudia diparaf oleh Kepala Sekolah.
168.  Siapakah yang bertugas mencatat sikap harian siswa pada buku catatan anekdot ( anecdotal record) ?
A, Guru bimbingan dan konseling
B. Guru piket yang bertugas pada ketika insiden terjadi
C. Guru wali kelas siswa
D. Guru mata pelajaran yang bersangkutan.
169.   Apakah latar belakang dilaksanakannya penilaian terhadap laporan harian siswa ?
A. Sebab siswa lebih banyak berada di luar sekolah
B. Sebab mencar ilmu tidak hanya dibatasi oleh dinding kelas
C. Sebab mencar ilmu hanya sanggup berlangsung di sekolah saja
 D. Sebab mencar ilmu harus dibimbing oleh guru di sekolah.
170.   Apakah syaratnya supaya hasil penilaian diri sanggup digunakan sebagai layaknya penilaian yang dilakukan oleh guru ?
A. Jika dilaksanakan secara kontinu dan berkelanjutan
B. Jika dilaksanakan  secara komprehensif.
C. Jika dilaksanakan setiap ketika secara terpola dan terpadu.
D. Jika dilaksanakan secara objektif dan jujur.
171.  Siswa mencar ilmu akan lebih gampang memahami materi dan tidak verbalistis apabila dalam pembelajaran:
a. Guru menjelaskan materi pelajaran dengan cermah dan tanya jawab
b. Guru memakai variasi media grafis
c. Siswa mencar ilmu melalui pengalaman sobat sekelasnya
 d. Siswa mencar ilmu dengan mengalami dan melaksanakan sendiri
172.  Berikut ini termasuk pengertian/makna media pembelajaran:
a. sebuah televisi, film, video
b. OHP yang bersisi pesan pembelajaran
c.  sebuah OHP, proyektor
d. sebuah foto, gambar, denah
173.  Media  meliputi hardware dan software. Yang termasuk media dalam arti hardware berikut ini adalah:
a. Overhead Proyektor
b. Gambar/foto
c. Ovaerhead Transparansi
d. Slide
174.   Apabila seorang guru akan menjelaskan suatu materi pelajaran yang cukup banyak, dan jumlah siswa yang dihadapi juga besar, maka media yang sempurna untuk pembelajaran tersebut ialah pembelajaran melalui:
a. televisi
b. komputer
c. overhead transparansi
d. gambar/foto  
175.  Seorang guru PKn akan mengajarkan demokrasi. Jika ingin memakai media yang sanggup menggambarkan proses atau suasana demokrasi, maka media pembelajaran yang dipilih adalah:
a. OHP
b. Internet
c. Televisi
d. Film/video
176.  Secara umum penggunaan media dalam pembelajaran mempunyai manfaat atau kegunaan sebagai berikut, kecuali:
 a.  memperjelas penyampaian pesan supaya tidak terlalu bersifat verbalistis
b.   mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera
c.   memerlukan perencanaan yang teliti dan sempurna
d.   merangsang motivasi mencar ilmu siswa
177.  Salah satu laba penggunaan media OHP dalam pembelajaran antara lain:
a.  guru sanggup menghadapi siswa dalam jumlah besar dan tetap berhadapan dengan siswa
b.  sanggup memberikan materi pelajaran yang menggambarkan proses
c.  sanggup menyajikan animasi 
d.  pembelajaran berskala intgernasional
178.  Internet sanggup digunakan sebagai media pembelajaran, lantaran mempunyai kelebihan antara lain:
a.  guru sanggup menghadapi siswa dalam jumlah besar dan tetap berhadapan dengan siswa
b.  sanggup memberikan materi pelajaran yang menggambarkan proses
c.  sanggup menyajikan animasi 
d.  pembelajaran berskala internasional
179.  Sebagai media, televisi sanggup digunakan untuk kepentingan pembelajaran. Namun demikian penggunaan tv untuk pembelejaran mempunyai kelemahan sebagai berikut, kecuali:
a.  sifat komunikasinya satu arah;
b.  sanggup mengganggu jadwal pelajaran di sekolah
c.  sifatnya pribadi dan nyata, dengan TV siswa tahu kejadian-kejadian mutakhir
d.  aktivitas di luar kontrol guru
180.   Untuk menyajikan media pembelajaran yang disertai dengan animasi, maka media yang digunakan adalah:
a. OHT
b. Slide
c. Multimedia
d. Foto/gambar
181.  Seorang guru dalam menentukan media untuk pembelajaran hendaknya memperhatikan kriteria pemilihan sebagai berikut, kecuali:
a. tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
b. sempurna untuk mendukung materi pelajaran
c. bentuk media
d. mutu teknis
182.  Salah satu kriteria yang perlu diperhatikan dalam menentukan media untuk kepentingan pembelajaran adalah:
a.  praktis, luwes, dan bertahan
b. mahal harganya
c.  sanggup digunakan untuk semua tujuan
d. gampang membuatnya
183.  Dilihat dari segi guru yang akan memakai media, maka kriteria yang perlu diperhatikan dalam menentukan media adalah:
a.  guru bisa membeli sendiri
b.  media yang sulit ditemukan guru
c.  guru terampil menggunakannya
d.  tidak memerlukan pertimbangan tertentu
184.  Dari segi kriteria pengelompokan siswa (sasaran), yang perlu diperhatikan dalam menentukan media adalah:
a. Semua media sanggup digunakan secara efektif untuk semua kelompok target baik kelompok besarmaupun kecil
b.  Setiap siswa mempunyai perbedaan secara individual
c.  Secara umum siswa memiliki  kemampuan mencar ilmu melalui visual
d.  Media yang efektif untuk kelompok besar belum tentu sama efektifnya untuk kelompok kecil atau perorangan
185.  Apabila guru membuatkan sendiri dalam bentuk media visual, prinsip umum yang perlu diperhatikan adalah:
a.  dibuat dengan warna-warni yang kompleks
b.  memuat kata-kata yang lengkap
c.  sederhana, keterpaduan, penekanan, dan keseimbangan
d.  kerumitan yang tinggi
186.  Kesalahan dalam judul PTK ” kekerabatan antara motivasi mencar ilmu dengan prestasi mencar ilmu ” adalah.............................
a.  tidak terjadi di dalam kelas
b. tidak ada subjek penelitiannya 
c. tidak terang settingnya 
d. tidak ada tindakannya 
187.  Masalah yang sanggup dikaji melalui PTK adalah. ...................
a.  latar belakang pendidikan orang bau tanah
b.  pemanfaatan alat bantu mengajar
c.  latar belakang pekerjaan orangtua siswa
d. kondisi ruang kelas
188.  Syarat rumusan dilema dalam PTK ialah sebagai berikut, kecuali.............
a. benar-benar dirasakan ada
b. benar-benar terjadi di dalam kelas
c. sanggup dipecahkan 
d. berorientasi pada peningkatan kualitas
189.  Prosedur pelaksanaan PTK adal ah.................................
a.  Perencanaan, tindakan, observasi, refleksi
b. Tindakan, observasi, refleksi, perencanaan
 c. Observasi, perencanaan, tindakan, refleksi 
d. Perencanaan, observasi, tindakan, refleksi 
190.  Inti PTK ialah ............ 
a.  dilaksanakan di dalam kelas
b.  dilakukan oleh guru
c.  adanya tindakan 
d.  adanya masalah 
191.  Pengambilan data dalam pelaksanaan PTK dilaksanakan pada tahap..........
a. Perencanaan dilema
b.  Tindakan dan observasi
c. Analisis data
d. Refleksi
192.  Rekomendasi dalam PTK didasarkan pada............................
a. rumusan penelitian 
b. tujuan penelitian 
c. manfaat penelitian
d. hasil penelitian 

193.  Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
a. sikap penulis
b. panjang goresan pena
c. struktur sajian
d. penggunaan bahasa
194.  Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
a.  pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan epilog
b.  pendahuluan, abstrak, potongan inti, simpulan
c.  abstrak, pendahuluan, potongan inti, simpulan
d.  abstrak, potongan inti, epilog
195.  Bagian epilog suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan perihal
a.  rangkuman dan tindak lanjut
b. simpulan umum
c. rekomendasi penulis
d.  simpulan dan saran
196.  Substansi suatu karya tulis ilmiah sanggup meliputi banyak sekali hal, dari yang paling sederhana hingga dengan yang paling kompleks. Berikut ini ialah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
a. pendidikan
b. kebudayaan
c. pemulung
d. informatika
197.  Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
a. fakta atau kenyataan
b. argumentasi
c.  teori yang diakui kebenarannya
d. data empirik/hasil penelitian
198.   Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
a. resmi
b. baku
c. impersonal
d. personal
199.  Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada um,umnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
a. daftar pustaka
b. ajaib
c. daftar tabel
d. lampiran
200.  Berikut ini ialah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
a.  memaparkan bidang ilmu tertentu
b.  merupakan deskripsi suatu insiden
c. memakai gaya bahasa resmi
d. disajikan secara sistematis
201.  Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
a. senjata makan tuan
b.  kumbang manis pengisap madu
c.  efek gizi pada pertumbuhan anak
d.  efek obat bius yang menghebohkan
202.   Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang sanggup mengkaji banyak sekali aspek tulisan. Salah satu aspek yang sanggup digunakan sebagai pembeda ialah
a. sistematika goresan pena
b. panjang goresan pena
c.  ragam bahasa yang digunakan
d. pengarang
203.  Artikel sanggup dikelompokkan menjadi
a.  artikel laporan dan artikel rujukan
b.  artikel konseptual dan artikel teoritis
c.  artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
d.  artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
204.  Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan goresan pena ilmiah yang berkualitas tinggi ialah
a.  kelayakan pandangan gres untuk dipublikasikan
b.  wacana perihal pandangan gres yang sedang berkembang
c.  kesiapan pandangan gres untuk didiskusikan
d.  persamaan persepsi para jago di bidang yang sama
205.  Tulisan analisis konseptual terdiri dari
a.  judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
b.  judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
c.  judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
d.  judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
206.  Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan sanggup berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada potongan
a. ajaib
b. pendahuluan
c. diskusi
d. referensi
207.  Referensi memuat semua rujukan yang 
a.  pernah dibaca penulis
b.  perlu dibaca pembaca
c.  dimuat dalam tubuh goresan pena
d.  diharapkan dalam pengembangan goresan pena
208.  Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di potongan pendahuluan ialah berikut ini
a.  apa inti teori/konsep yang dibahas?
b.  mengapa konsep itu dibahas?
c.  Apa kesimpulan yang sanggup ditarik?
d.  Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?
209.  Salah satu hal yang harus dihindari pada ketika menulis hasil penelitian ialah
a. menjelaskan partisipan
b.  menulis dilema yang sudah pernah dibahas
c.  memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
 d.  melaporkan kekerabatan yang dibahas dalam penelitian
210.  Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu rujukan upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
a. panjang goresan pena
b. nada goresan pena
c. gaya goresan pena
d. bahasa goresan pena
211.  Rekomendasi untuk judul ialah
a. 8-10 kata
b. 10-12 kata
c. 12-15 kata
d. 15-30 kata
212.  Dalam suatu laporan atau artikel hasil penelitian, kontribusi penelitian sanggup dilihat di potongan
a. pendahuluan
b. metode
c. hasil
d. diskusi

213.   Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
a. sikap penulis
b. panjang goresan pena
c. struktur sajian
d. penggunaan bahasa
214.  Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
a.  pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan epilog
b.  pendahuluan, abstrak, potongan inti, simpulan
c.  abstrak, pendahuluan, potongan inti, simpulan
d.  abstrak, potongan inti, epilog
215.  Bagian epilog suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan perihal
a.  rangkuman dan tindak lanjut
b. simpulan umum
c. rekomendasi penulis
d.  simpulan dan saran
216.  Substansi suatu karya tulis ilmiah sanggup meliputi banyak sekali hal, dari yang paling sederhana hingga dengan yang paling kompleks. Berikut ini ialah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
a. pendidikan
b. kebudayaan
c. pemulung
d. informatika
217.  Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
a.  fakta atau kenyataan
b. argumentasi
c.  teori yang diakui kebenarannya
d.  data empirik/hasil penelitian
218.  Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
a. resmi
b. baku
c. impersonal
d. personal
219.  Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
a. daftar pustaka
b. ajaib
c. daftar tabel
d. lampiran
220.  Berikut ini ialah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
a.  memaparkan bidang ilmu tertentu
b.  merupakan deskripsi suatu insiden
c.  memakai gaya bahasa resmi
d.  disajikan secara sistematis
221.  Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
a. senjata makan tuan
b.  kumbang manis pengisap madu
c.  efek gizi pada pertumbuhan anak
d.  efek obat bius yang menghebohkan
222.  Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang sanggup mengkaji banyak sekali aspek tulisan. Salah satu aspek yang sanggup digunakan sebagai pembeda ialah
a. sistematika goresan pena
b. panjang goresan pena
c.  ragam bahasa yang digunakan
d. pengarang

223.  Artikel sanggup dikelompokkan menjadi
a.  artikel laporan dan artikel rujukan
b.  artikel konseptual dan artikel teoritis
c.  artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
d.  artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
224.  Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan goresan pena ilmiah yang berkualitas tinggi ialah
a.  kelayakan pandangan gres untuk dipublikasikan
b.  wacana perihal pandangan gres yang sedang berkembang
c.  kesiapan pandangan gres untuk didiskusikan
d.  persamaan persepsi para jago di bidang yang sama
225.  Tulisan analisis konseptual terdiri dari
a.  judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
b.  judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
c.  judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
 d.  judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
226.  Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan sanggup berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada potongan
a. ajaib
b. pendahuluan
c. diskusi
d. referensi
227.  Referensi memuat semua rujukan yang 
a.  pernah dibaca penulis
b. perlu dibaca pembaca
c.  dimuat dalam tubuh goresan pena
d.  diharapkan dalam pengembangan goresan pena
228.  Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di potongan pendahuluan ialah berikut ini
a.  apa inti teori/konsep yang dibahas?
b.  mengapa konsep itu dibahas?
c.  Apa kesimpulan yang sanggup ditarik?
d.  Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?
229.  Salah satu hal yang harus dihindari pada ketika menulis hasil penelitian ialah
a. menjelaskan partisipan
b.  menulis dilema yang sudah pernah dibahas
c.  memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
d.  melaporkan kekerabatan yang dibahas dalam penelitian
230.  Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu rujukan upaya untuk menjaga kualitas dari aspek
a. panjang goresan pena
b. nada goresan pena
c. gaya goresan pena
d. bahasa goresan pena
231.  Rekomendasi untuk judul ialah
a. 8-10 kata
b. 10-12 kata
c. 12-15 kata
d. 15-30 kata
232.  Dalam suatu laporan atau artikel hasil penelitian, kontribusi penelitian sanggup dilihat di potongan
a. pendahuluan
b. metode
c. hasil
d. diskusi
==============================================================





= Baca Juga =